• Jepang Bantu “Master Plan” Pengolahan Sampah Bogor

    0

        Bogor, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat segera memiliki rencana induk dan model pengolahan sampah yang akan dibuat oleh tim kerja sama internasional Jepang, JICA Partnership Project (JPP) Pemerintah Hiroshima.
    Rencana pembuatan master plan dan model area pengolahan sampah Kota Bogor dibahas dalam pertemuan antara Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dengan tim kerja sama internasinal Jepang, JICA Partnership Project (JPP) dari Hiroshima, Jepang, di Balai Kota, Senin.
    Bima Arya menyebutkan, kedatangan tim JPP merupakan langkah awal dimulainya pembuatan master plan dan model area pengolahan sampah di Kota Bogor.

        “Kunjungan ini tindak lanjut dari kunjungan saya ke Hiroshima beberapa waktu lalu dalam rangka kerja sama pengelolaan sampah. JPP akan membuat master plan dan model area pengolahan sampah di Kota Bogor,” kata Bima.
    Tim JPP akan berada di Kota Bogor selama hampir dua pekan 9-27 Mei 2016. Dalam kunjungan tersebut, tim akan dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pengusaha agar memiliki basis pengolahan sampah dari Jepang.
    Selanjutnya akan diatur pertemuan dengan anggota DPRD untuk menyampaikan terkait kerja sama yang sedang terjalin antara Kota Bogor dan Hiroshima dalam pengolahan sampah agar mendapat dukungan politik.

        “Jika memungkinkan juga tim akan kita ajak ke masing-masing rukun tetangga yang saat ini sedang mengikuti perlombaan kebersihan tingkat RT,” kata Bima.
    Direktur Industri Lingkungan Pemerintah Prefektur Hiroshima Yoshio Sato mengatakan, kedatangan mereka membawa dua misi kerjasama yang akan dilaksanakan yakni dukungan bantuan master plan dan perbaikan pengolahan sampah melalui model area.
    Ia mengatakan, model area pengolahan sampah tersebut akan dilakukan di dua tempat percontohan dan masing-masing lokasi memiliki waktu selama satu tahun.

        “Misalnya di Kelurahan Rangga Mekar yang akan dilakukan perbaikan pengolahan sampah mulai dari pengangkutan hingga proses di TPS3R,” katanya.
    Sato menambahkan, kerjasama antara Kota Bogor dan Hiroshima dilatarbelakangi kepedulian Pemerintah Kota Bogor terhadap lingkungan hidup. Sejalan dengan itu, Pemerintah Hiroshima tengah mencari rekan  kerja sama di bidang lingkungan.
    “Harapan kami melalui kerja sama ini pengolahan sampah di Kota Bogor semakin baik dan menyeluruh. Dan tercipta sistem pengolahan dengan teknologi dari Hiroshima maupun pemerintah dan swasta,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com