• Ishak Mekki : Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Event

    0
    ishak mekki

    Ishak Mekki : Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Event

    Palembang-Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tidak hentinya menggelar berbagai event untuk mempromosikan Sumsel baik ditingkat nasional maupun internasional, diantaranya dengan kegiatan International Musi Triboatton dan Sumsel Expo 2016.

    Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki menilai, dengan berbagai event yang diselenggarakan di Sumsel termasuk International Musi Triboatton dan Sumsel Expo diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Sumsel.

    Menurut Ishak, setiap tahun Pemprov Sumsel terus berbenah diri terutama dalam mendukung dunia pariwisata, perindustrian, perdagangan, serta investasi sebagai upaya meningkatkan perekonomian termasuk melalui kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara yang setiap tahunnya terus meningkat.

    “Setiap tahun kunjungan wisatawan mancanegara meningkat 12 persen dan wisatawan nusantara 20 persen, dengan ini tentunya akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi Sumsel,” ungkap Ishak pada acara

    Penutupan International  Musi Triboatton V Tahun 2016 dan Pembukaan Sumsel Expo 2016 di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, Minggu malam (15/5).

    Untuk kegiatan International Musi Triboatton V tahun 2016 ini, merupakan salah satu ajang mempromosikan ragam budaya dan wisata Sungai Musi. Menurutnya, kegiatan Musi Triboatton sangat tepat untuk perkenalkan ragam budaya yang ada di Sumsel.

    “Dari kegiatan ini tentu banyak sekali potensi-potensi budaya Provinsi Sumsel yang terpromosikan hingga ke luar negeri, sehingga kita harapkan mampu menarik minat wisatawan berkunjung ke Sumsel,” terang Ishak.

    Untuk kegiatan Sumsel Expo, dikatakan dia, merupakan upaya Pemprov Sumsel untuk meningkatkan pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga diharapkan ke depan UMKM terus tumbuh dan berkembang di Sumsel. Pasalnya, UMKM memiliki peran cukup besar dalam penciptaan lapangan kerja.

    “Dengan mempromosikan produk unggulan daerah juga dalam rangka mengembangkan usaha kecil dan menengah yang ada, kita berharap dan terus berusaha ke depannya untuk menjadikan Sumsel sebagai pusat kegiatan perekonomian di wilayah Sumbagsel,” ujarnya.

    Sementara itu, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Kemaritiman, Syamsul Musa mengatakan, sangat mengapresiasi Pemprov dan seluruh masyarakat Sumsel yang telah mendukung suksesnya International Musi Triboatton dan dibukanya Sumsel Expo 2016.

    Menurut Syamsul, dampak besar dari event ini, diantaranya dampak ekonomi, sosial dan budaya yang merupakan bagian dari tujuan peningkatan kepariwisataan khususnya di Sumsel.

    “Kementerian Pariwisata menargetkan 275 juta kunjungan wisatawan asing di Indonesia, dengan ini diharapkan Sumsel dapat mengambil peran. Dalam hal ini melalui dukungan seluruh masyarakat Sumsel,” harapnya.

    Kementerian Pariwisata akan terus mendukung berbagai kegiatan kepariwisataan yang diadakan di seluruh Indonesia. Pasalnya, Kementerian Pariwisata menganggarkan dana yang cukup besar untuk mengangkat dunia pariwisata Indonesia termasuk di Sumsel.

    Dijelaskannya, ada beberapa tugas penting yang harus dilaksanakan untuk meningkatkan pariwisata Indonesia yakni regulasi, peraturan dan fasilitasi. Untuk itu, peraturan yang dianggap menghambat berkembangnya pariwisata hendaknya ditinjau ulang agar bisnis pariwisata dapat berjalan dengan baik.

    “Dalam upaya mendukung bisnis kepariwisataan, tahun ini saja sudah ada 19 event besar kepariwisataan yang didukung penuh Kementerian Pariwisata di Indonesia,” ujar Syamsul.

    Kegiatan International Musi Triboatton tahun ini tidak hanya diikuti oleh peserta dalam negeri seperti Provinsi Jambi, Babel, Jakarta dan lainnya, namun diikuti juga oleh peserta luar negeri yaitu Brunei Darussalam, Malaysia, Philipina, Australia, dan Singapore.

    Event yang menjadi agenda rutin setiap tahun untuk mempromosikan pariwisata Sumsel ini mempertandingkan tiga cabang olahraga dayung yakni rafting, kano, dan dragonboat. Total jarak yang ditempuh mencapai 523 kilometer, meliputi daerah Hulu Sungai Musi dan berakhir di Kawasan Jembatan Ampera.

    Tim Pemerintah Kota Jambi meraih predikat sebagai juara umum event lomba dayung Musi Triboatton 2016, dengan mengantongi tiga emas, lima perak, dan satu perunggu dengan total sembilan medali.

    Sementara penyelenggaraan Sumsel Expo 2016 yang baru dibuka akan berlangsung 15-20 Mei mendatang. Sebanyak 146 UMKM berpartisipasi di Sumsel Expo 2016 dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Yogyakarta, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa Barat serta perwakilan dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel dengan target transaksi mencapai Rp.5 miliar.(relis humas pemprov sumsel)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com