• Hektaran Sawah Terancam Kekurangan Air

    0

    PAGARALAM, jurnalsumatra.com – Hektaran sawah di Dusun Cawang Baru, Kelurahan Rebah Tinggi, Kecamatan Dempo Utara terancam kekurangan air. Ini dikarenakan, kondisi bangunan yang berfungsi sebagai pembagi air bagi areal persawahan dusun itu, mengalami kerusakan. Bangunan pembagi air ini berlokasi di Talang Ayek Salak, Kelurahan Jangkar Mas.

    Berdasarkan pantauan bangunan pembagi air ini berfungsi menyalurkan air bagi areal persawahan di Dusun Cawang Baru dan Jambat Akar. Nah, yang mengalami kerusakan adalah bangunan yang menyalurkan air untuk Dusun Jambat Akar. Dinding penahannya jebol. Sebagian besar air yang semestinya mengalir ke Dusun Cawang Baru tersedot ke arah Dusun Jambat Akar.

    “Ini masih mending. Sebab, air masih tertahan oleh sampah, sehingga tidak semua air dari Sungai Salak mengalir semua ke Dusun Jambat Akar. Masih ada air yang menuju Dusun Cawang Baru,” ucap Lurah Jangkar Mas, Ferimansyah SE MM, yang meninjau langsung ke lapangan.

    Kendati demikian, lanjut Feri, kondisi itu tidak akan bertahan lama. Sebab, jika sampah itu hilang, maka seluruh air dari aliran Sungai Salak akan mengalir semua ke arah Dusun Jambat Akar. Jika ini terjadi sebut Feri, dipastikan, sawah-sawah yang ada di Dusun Cawang Baru akan kekurangan air. “Hampir semua sawah di Dusun Cawang Baru, mata airnya berasal dari sini (Talang Ayek Salak),” terang Feri.

    Feri berharap, pihak terkait dapat segera melakukan pengecekan ke lapangan. Juga bisa melakukan langkah perbaikan dengan segera. “Dalam waktu dekat, kita (pihak kelurahan) juga akan melaporkan kondisi bangunan ini kepada pihak terkait,” tegas Feri.

    Terpisah, Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, Hariadi Razak mengaku, belum menerima secara resmi laporan terkait adanya kerusakan bangunan pembagi air bagi areal persawahan Talang Ayek Salak, Kelurahan Jangkar Mas. “Dinas PU secepatnya akan melakukan pengecekan lokasi kerusakan bangunan, dengan menerjunkan bagian terkait untuk segera diambil langkah tindakan,” pungkasnya (van)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com