• Gubernur Sumsel minta pusat tambah barang kebutuhan pokok

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meminta pemerintah pusat menambah pasokan barang kebutuhan pokok karena saat ini sudah terjadi lonjakan harga di pasar tradisional.

    “Tidak ada cara lain selain menambah pasokan. Mau bagaimana caranya menambah pasokan, saya rasa pemerintah pusat sudah tahu cara terbaiknya, semisal dengan mengimpor,” kata Alex di Palembang, Jumat.

    Alex mengatakan pemerintah harus segera merespons keadaan ini karena kenaikan harga kebutuhan pokok ini terbilang cepat mengingat bulan Ramadhan masih sekitar 10 hari.

    Jika hanya bertumpu pada pasokan yang ada maka dipastikan harga akan semakin melambung dan memberatkan masyarakat menjelang puasa.

    Beberapa kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, telur ayam, ayam potong, dan daging sapi mulai bergerak naik.

    Namun, dari beragam kebutuhan pokok tersebut harga gula pasir golongan premium yang cukup mencolok yakni sudah menembus Rp16.500/kg pada hari ini

    Padahal pada 17 Mei lalu di Pasar Cinde Palembang masih dikisaran Rp15.500/kg, dan untuk gula nonpremium mengalami kenaikan hingga menembus Rp14.500 dari Rp12.500 pada awal bulan Mei 2016.

    Terkait ini Alex mengharapkan Kementerian Perdagangan bertindak cepat mengingat saat puasa dan Lebaran terjadi peningkatan kebutuhan gula karena masyarakat banyak membuat kuliner manis.

    Jika harga tetap tidak bisa distabilkan maka masyarakat harus meresponnya dengan cara berhemat.

    “Kebutuhan pokok yang mahal, jangan terlalu banyak dikonsumsi. Misal daging mahal, maka belilah daging beku,” kata dia.

    Daging beku justru lebih sehat karena sudah melewati proses sehingga darah sapi sudah sudah tidak ada lagi.

    “Tapi masyarakat tidak terbiasa, padahal jika ini jalan, apa yang diinginkan Presiden Joko Widodo bahwa harga daging Rp80.000 per kg adalah sangat mungkin terjadi,” kata Alex.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com