• Gubernur Harap KIP Menjamin Hak Atas Informasi

    0

        Manado, jurnalsumatra.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengharapkan Komisi Informasi Provinsi (KIP) ikut menjamin hak masyarakat mendapatkan informasi akurat.
    “Laksanakan tugas dengan baik sambil bekerjasama dengan pemerintah provinsi memeriksa atau mengawasi setiap informasi agar akurat dan mendukung kebijakan pemerintah terhadap masyarakat,” kata Gubernur saat melantik lima anggota KIP di Manado, Senin.
    Kemitraan antara KIP dan pemerintah daerah yang berjalan optimal, kata dia, akan membantu pengambil kebijakan melakukan program dan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.
    Menurut Gubernur, hak atas informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka peluang masyarakat mengawasi penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

        “Hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan untuk meningkatkan pastisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan,” katanya.
    Dia berharap, anggota komisi dapat membangun sinergitas dan koordinasi yang konstruktif dengan berbagai pemangku kepentingan terutama dalam memutuskan mana informasi yang boleh diketahui publik mana yang tidak.
    Menurut dia, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dijelaskan mengenai ketentuan informasi yang boleh dan tidak boleh dibuka pada publik.

        Informasi yang tidak boleh dibuka tercantum dalam Pasal 17 undang-undang tersebut, di antaranya menyangkut rahasia pribadi, berkaitan dengan pertahanan keamanan, termasuk ketahanan ekonomi nasional, informasi berkaitan dengan kekayaan alam serta proses penegakan hukum.
    Kelima anggota KIP yang dilantik untuk masa jabatan 2016-2020 yaitu Drs Philep M Regar, Andre Mongdong SPd, Reidi F Sumual SSos, Raymond Pasla SSos dan Isman Momintan SH.
    “Segeralah menyusun organisasi dalam waktu singkat, tentukanlah struktur ketua dan anggota, pemerintah akan membiayai segala kegiatan melalui APBD,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com