• DesaTanjung Pinang Wakil Lahat Lomba Desa

    0
    DesaTanjung Pinang Wakil Lahat Lomba Desa

    DesaTanjung Pinang Wakil Lahat Lomba Desa

    Lahat, jurnalsumatra.com – Terpilihnya desa Tanjung Pinang kecamatan Merapi barat mewakili kabupaten Lahat dalam ajang lomba desa harus menjadi barometer desa lainnya guna memajukan daerah. Juara harus ada pembinaan agar kemajuan desa bisa dirasakan masyarakat, bahkan ekonomi kerakyatan harus digalakkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat Nasrun Aswari, SE, MM, menegaskan, masyarakat desa harus menjadi yang pertama dalam menikmati kemajuan, apalagi saat ini masing-masing kades sudah diberi kewenangan dalam mengolah anggaran deaa melalui program ADD (Alokasi Dana Desa) sehingga pembangunan yang dilaksanakan tidak boleh bertentangan dengan masyatakat.

    “Ajang lomba desa merupakan langkah awal untuk mewujudkan kemajuan yang diharapkan karenanya juara atau tidak kesepan harus ada pembinaan agar tidak menjadi ajang biasa,”ujarnya saat membuka kegiatan lomba desa tingkat Provinsi didesa Tanjung Pinang kemarin.

    Selain itu, program perekonomian masyarakat seperti pasar Kalangan, pengolahan lahan pertanian dan peternakan harus dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada para Poktan (Kelompok Tani) agar memberikan efek positif begi peningkatan perekonomian masyarakat.

    “Saat ini setiap bantuan yang dikucurkan sifatnya adalah pembinaan sehingga Pemkab Lahat tidak akan melayani proposal yang diajukan oleh Poktan tanpa melakukan survey dilapangan,”imbuhnya.

    Menurut mantan kepala PPKAD Lahat ini, program ADD yang baru saja digulirkan harus dipertanggung jawabkan untuk kemajuan desa dan janga terfokus hanya untuk pembangunan siring dan jalan seperti yang selama ini banyak dilakukan.

    “Ingat kepala desa (kades) harus proaktif karena ADD bisa menjadi bencana jika disalahgunakan karena harus dipertanggung jawabkan pengalokasiannya,” pesannya.

    Ketua tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Sumael Nurianto menuturkan, sangat apreasi dengan terpilihnya desa Tanjung Pinang mewakili kabupaten Lahat. Tim juri akan transparan dan independen dalam melakukan penilaian. Karenanya, juara atau tidak kades harus tetap melaksanakan fungsinya seperti mengoptimalkan fungsi tempat ibadah, pasar dan Poktan.

    “Yang dinilai bukan hanya kebersihannya saja melainkan cara mengolah UKM, aktivitas Poktan serta aktivitas tempat ibadah. Dan mudah-mudahan kabupaten Lahat khususnya desa Tanjung Pinang terpilih jadi juara,”ucapnya.

    Kades Tanjung Pinang Lukman Hakim mengungkapkan, Pemdes selama ini telah berupaya membangun desa melalui program – program yang disiapkan. Bahkan, aktivitas perekonomian seperti pasar, Poktan dan Koprasi dihidupkan untuk membantu pensapatan masyarakat.

    “Untuk dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat begitu diharapkan guna mewujudkan program Pemdes Tanjung pinang,”pungkasnya. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com