• Delapan Sekolah Mataram Laksanakan Tes Siswa Baru

    0

    Mataram, jurnalsumatra.comSedikitnya delapan sekolah tingkat SMP dan SMA/SMK di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, melaksanakan penerimaan siswa baru melalui tes, dari sebelumnya menggunakan sistem dalam jaringan (daring) atau “online”.
    “Delapan sekolah yang menggunakan tes dalam penerimaan peserta didik baru (PBDB) adalah SMAN 1, 2, 5 dan SMKN 3 Mataram, sedangkan untuk tingkat SMP dilaksanakan pada SMPN 1, 2, 6 dan SMPN 7 Mataram,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikopora) Kota Mataram H Sudenom di Mataram, Kamis.
    Penggunaan sistem PPDB pada delapan sekolah tersebut sebagai upaya pemerataan, sebab selama ini setiap tahun ajaran baru, delapan sekolah itu selalu memiliki peminat yang sangat banyak.
    Akibatnya, sekolah-sekolah lainnya seringkali tidak kebagian pendaftar calon siswa baru, dan selalu menerima limpahan dari siswa yang tidak diterima pada delapan sekolah tersebut .
    “Delapan sekolah itu sering disebut masyarakat sebagai sekolah favorit, padahal kami tidak pernah menyebut seperti itu karena semua sekolah di Mataram ini favorit,” katanya.
    Menurutnya, pendaftaran siswa baru dengan menggunakan tes ini merupakan kegiatan tahun pertama, dengan harapan bisa menghasikan peserta didik yang lebih berkualitas.
    “Pendaftaran siswa baru menggunakan tes dimaksudkan juga untuk meminimalkanr beredarnya isu seperti adanya pungutan liar (pungli) dalam setiap PPDB,” sebutnya.
    Dikatakannya, tahapan pendaftaran bagi delapan sekolah dimulai hari ini yakni tanggal 25-28 Mei 2016, sedangkan kegiatan tes direncanakan tanggal 30 Mei sampai 1 Juni 2016.
    “Untuk kegiatan tes, sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah masing-masing, termasuk mata pelajaran yang diujikan  dan rencananya tes akan menggunakan komputer seperti saat ujian nasional berbasis komputer (UNBK),” ujarnya.
    Selanjutnya, seleksi administrasi dilaksanakan 2 Juni dan pengumuman seleksi tanggal 13 Juni 2016 untuk SMA/SMK, sementara untuk tingat SMP diumumkan 25 Juni 2016.
    Sedangkan, lanjut Sudenom mengatakan, PPDB sistem daring selain delapan sekolah tersebut, dimulai 27-29 Juni 2016 melalui situs www.mataram.siap.ppdb.com.
    “Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 30 Juni melalui situs yang sama dan pengumuman di sekolah yang melaksanakan PPDB dengan sistem daring, mulai pukul 09.00 WITA, dilanjutkan dengan daftar ulang tanggal 1-2 Juli 2016,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com