• Calon Haji Mataram Diminta Periksa Kesehatan Dasar

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H Burhanul Islam meminta agar jamaah calon haji musim haji 2016, segera periksa kesehatan dasar di puskesmas terdekat.
    “Tujuannya, agar kondisi kesehatan jamaah bisa tercatat lebih awal sekaligus mendeteksi penyakit-penyakit berbahaya lainnya,” katanya kepada wartawan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis.
    Burhanul begitu dia disapa mengatakan, dari 536 orang calon haji tahun ini, sekitar 35 persen sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dasarnya.
    Sementara sisanya, hingga saat ini belum ada laporan dari Dinas Kesehatan Kota Mataram.
    “Sisanya inilah yang terus kami pantau dan dorong agar mereka segera melakukan pemeriksaan kesehatan, meskipun tanggal keberangkatan dilaksanakan bulan Agustus,” katanya.
    Menurutnya, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan lebih awal, berbagai kemungkinan penyakit berbahaya bisa diantisipasi sejak dini agar ketika waktu keberangkatn tiba calon haji sudah benar-benar sehat lahir batin.
    Berdasarkan data 35 persen jamaah yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan, menyebutkan rata-rata jamaah calon haji asal Kota Mataram tahun 2016 ini masih sehat, dan produktif.
    “Kami belum bisa menyebutkan berapa angka pasti yang risiko tinggi karena jamaah belum 100 persen melakukan pemeriksaan kesehatan,” katanya.
    Sedangkan jika dilihat dari sisi usia, terdapat sekitar 25 orang yang sudah usia lanjut, namun masih memiliki fisik yang sehat.
    “Meski usia lanjut, kami tidak bisa menyebut mereka risiko tinggi, karena kadang yang usianya masih muda masuk dalam risiko tinggi akibat penyakit berbahaya seperti jantung dan darah tinggi,” ujarnya.
    Dikatakannya, sejauh ini informasi tentang pembangian kelompok terbang (kloter) belum ada, harapannya jamaah calon haji Kota Mataram bisa tergabung dalam dua kloter yakni satu kloter utuh dan satu campuran.
    Selain pembagian kloter, pihaknya juga belum mendapatkan jadwal pasti keberangkatan calon haji, namun dari informasi awal disebutkan kloter pertama akan berangkat pada tanggal 9 Agustus 2016.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com