• BPK Di Banjarmasin Sulit Dapat Dana Bansos

    0

    Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di Kota Banjarmasin akan semakin sulit mendapatkan dana hibah dari dana bantuan sosial (Bansos) pemerintah kota, karena harus berbadan hukum dengan jangka waktu berjalan tiga tahun.
    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kebakaran M Hilmi saat berada di Balai Kota Banjarmasin, Jumat, mengatakan hampir semua BPK di daerahnya belum memenuhi ketentuan tersebut.
    “Dari sekitar 500 BPK di daerah ini, sepengetahuan saya hanya ada satu yang sudah berbadan hukum atau tercatat di Kementerian Hukum dan HAM. Artinya, yang lain sulit mendapat dana hibah,” ujarnya.
    Menurut Hilmi, sesuai ketentuan Permendagri Nomor 14 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber APBD, bansos hanya bisa diberikan setiap tiga tahun sekali dan harus sesuai syarat.
    “Ini sudah diberlakukan sejak April 2016, artinya tiga tahun ke depan tidak ada hibah Bansos bagi BPK dikeluarkan Pemkot,” terangnya.
    Oleh karena

    itu, tutur Hilmi, pihaknya mengharapkan semua BPK segera mengurus badan hukum sehingga tiga tahun akan datang bisa mengajukan proposal untuk mendapatkan hibah Bansos itu.
    “Karena kondisinya sudah demikian, maka swadaya masyarakat untuk eksistensi BPK masing-masing wilayah harus bisa dijalankan,” ungkapnya.
    Hilmi menyatakan, Pemkot sebenarnya sangat ingin membantu BPK yang merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang sangat aktif dan sangat diperlukan daerah dan warga, terutama untuk membantu memadamkan kebakaran.
    “Daerah kita ini terbanyak BPK se-Indonesia, sebab hampir di semua gang pemukiman ada, rata-rata swadaya masyarakat,” ujarnya.
    Sebelumnya, kata Hilmi, Pemkot selalu menganggarkan Bansos bagi BPK, terakhir pada 2015 sebanyak 124 BPK mendapatkannya.
    Menurut dia, nilai bantuan untuk BPK bervariasi, untuk trasportasi jenis truk tangki mendapat Rp4 juta, pikap Rp3,5 juta, tossa dan gerobak Rp2,5 juta.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com