• BNN Sumsel maksimalkan gerakan pencegahan narkoba

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Badan Narkotika Nasional Sumatera Selatan berupaya memaksimalkan gerakan pencegahan karena jika masyarakat sudah terlibat dalam penyalahgunaan obat-obatan berbahaya sulit untuk melepaskan diri dari ketergantungan barang terlarang itu.

    “Jika sudah terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, bukan hanya akan ketergantungan tetapi juga bisa masuk dalam lingkaran setan peredaran gelap yang dapat mempersulit upaya pemberantasan narkoba,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Selatan Brigjen Pol M Iswandi, di Palembang, Senin.

    Menurut dia, untuk mencegah timbulnya pencandu baru dan meluasnya peredaran narkoba, pihaknya menggalakkan gerakan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaraan Gelap Narkoba (P4GN).

    Kegiatan gerakan P4GN dilakukan bekerja sama dengan berbagai organisasi sosial kemasyarakatan di kawasan permukiman penduduk dan pusat kegiatan masyarakat lainnya, dengan pihak sekolah, dan kampus perguruan tinggi di 17 kabupaten/kota dalam wilayah Sumsel.

    Dalam kegiatan itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya mengonsumsi narkoba dan sanksi hukum jika terjaring razia memiliki atau menyimpang barang terlarang itu.

    “Narkoba itu racun, jika sampai ada masyarakat mengonsumi, efeknya bisa kecanduan dan kadarnya dari waktu ke waktu semakin berat serta sulit untuk melepaskan diri dari ketergantungan barang terlarang itu jika semakin sering digunakan,” katanya.

    Ia mengingatkan bahwa jika sampai terjerat narkoba, penggunanya sulit untuk melepaskan diri dari ketergantungan dan bisa menyebabkan kematian bagi yang mengonsumsinya, kehancuran tinggal menunggu waktu saja,” ujarnya.

    Sedangkan untuk melakukan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, pihaknya terus berupaya melakukan razia di sejumlah tempat yang selama ini menjadi tempat pemakaian dan peredaran barang terlarang itu.

    Dengan dimaksimalkannya gerakan P4GN dan penegakan hukum secara tegas kepada siapapun yang terjaring menyimpan, memiliki, mengonsumsi, dan mengedarkan narkoba diharapkan dapat diminimalkan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, kata Iswandi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com