• BMKG: Aceh Berpeluang Hujan Lebat

    0

        Banda Aceh, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan di Aceh berpeluang terjadi angin kencang dan hujan lebat hingga tiga hari mendatang.
    “Angin kencang dan hujan lebat berpotensi terjadi di sebagian daerah Aceh terutama daerah barat selatan,” kata  Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang Aceh Besar, Zakaria di Aceh Besar, Selasa.
    Ia menjelaskan angin kencang dan hujan lebat yang melanda sejumlah kawasan di provinsi ujung paling barat Indonesia itu disebabkan adanya pusaran angin atau eddy di samudera Hindia pesisir Aceh, sehingga tumbuhnya awan-awan konvektif atau disebut awan CB yg dapat memicu terjadi hujan lebat dan angin kencang.

        Menurut dia kondisi tersebut memengaruhi tingginya gelombang laut bekisar antara 2 sampai 3 meter untuk daerah Simelue bagian selatan, pesisir Simelue bagian barat, Pulau Banyak dibagian pulau selatan, Samudera Hindia bagian barat Aceh dan pesisir sabang bagian selatan dan barat.
    Kemudian potensi gelombang menegah 0,75 sampai 2 meter terjadi di pesisir Aceh bagian barat dan selatan mulai dari Lhoknga sampai pesisir Singkil dan Selat Malaka bagian tengah.
    “Kami meminta masyarakat dan nelayan di daerah tersebut untuk berhati-hati karena kondisi tersebut dapat mengancam keselamatan jiwa,”
    Sementara untuk persisir utara timur mulai pesisir Bireuen sampai Aceh Tamiang tumbuh glombang diperkirakan antara 0,5 sampai 1,25 meter.
    “Tinggi gelombang di pesisir timur tersebut  tergolong aman namun masyarakat tetap waspada, kemungkinan terjadi imbas angin dari daerah lain yang muncul akibat tinggi gelombang,” kata Zakaria.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com