• BLH Biak Siapkan Rancangan Peraturan Plastik Berbayar

    0

        Biak, jurnalsumatra.com – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua tengah menyiapkan rancangan peraturan bupati tentang pengenaan plastik berbayar belanja di wilayah itu.
    Kepala Badan Lingkungan Hidup ZR Mailoa di Biak, Kamis mengatakan Biak sebagai daerah penerima Adipura berkewajiban memberlakukan ketentuan pengenaan plastik berbayar sebagai program pelestarian lingkungan sekitar.

       “Ya untuk menerapkan aturan ini perlu regulasi hukum yang sah sehingga tidak mendapat komplain warga saat ketentuan ini diterapkan,” kata Mailoa.
    Ia mengharapkan jika aturan pengenaan plastik berbayar diberlakukan maka dapat memberikan pemasukan bagi daerah dalam rangka pengelolaan lingkungan hiudp yang hijau, bersih, dan sehat.
    Mailoa mengatakan, rancangan peraturan bupati mengenai pengenaan plastik berbayar akan dikaji dengan regulasi lain yang berlaku secara nasional.

          “Perlu kajian mendalam mengenai kesiapan mengenai plastik berbayar, ya ini akan diberlakukan setelah sudah final dan disosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Biak Numfor, pengusaha toko dan stake holder lain bidang lingkungan,” katanya.
    Ia mengharapkan dukungan semua warga Biak sehingga ketentuan pengenaan plastik berbayar dapat dilakukan guna membantu mengatasi limbah plastik di wilayah ini.
    Aktivitas pembuangan sampah plastik di berbagai bak penampung sampah masih sangat dominan karena menjadi penyumbang terbesar sampah limbah di kota Biak sekitarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com