• Beni Buka Keran Dana Pusat

    0

    Petani Muba Terima Dana Replanting

    beni hernedi

    . Pemberian bantuan pembiayaan peremajaan kebun kelapa sawit tersebut di tandai dengan penandatanganan MOU antara Plt Bupati Muba Beni Hernedi dengan Direktur Utama BPDP serta di saksikan oleh Gubernur Sumsel di Griya Agung Palembang, Jumat (20/05/2016).

    SEKAYU, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin di bawah komando Plt Bupati, Beni Hernedi berhasil membuka keran dana pusat untuk peremajaan (replanting) kelapa sawit 4.016 ha sejumlah 25 juta/ha, melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) memberikan bantuan kepada 2.016 petani Muba yang tergabung di 4 KUD kelapa sawit yang bermitra bersama PT Hindoli  dalam kabupaten musi banyuasin yaitu KUD Mukti Jaya, KPKS Suka Makmur KUD Sumber jaya Lestari dan KPKS Tri Bakti Sentosa.

    Pemberian bantuan pembiayaan peremajaan kebun kelapa sawit tersebut di tandai dengan penandatanganan MOU antara Plt Bupati Muba Beni Hernedi dengan Direktur Utama BPDP serta di saksikan oleh Gubernur Sumatera Selatan di Griya Agung Palembang, Jum’at (20/05/2016).

    Plt Bupati Muba Beni Hernedi dalam parapannya mengatakan, untuk mendukung program Sumsel Gemilang dan Yakin Permata Muba menjadikan Sumsel sebagai lumbung kelapa sawit berkelanjutan, untuk itu pemkab muba akan membantu proses legalitas atas kepemilikan lahan petani plasma pada proses balik nama sertifikat milik petani dengan penurunana NJOP ( nilai jual objek pajak ) PBB.  Karena kabupaten Muba akan menjadi perintis peremajaan kelapa sawit berkelanjut dengan model baru yaitu peremajaan yg dilaksanakan secara mandiri oleh petani dibawah KUD serta di bantu oleh perusahaan dan pihak ketiga yg kompeten.

    “Proses peremajaan nanti akan menghasilkan jutaan kubik batang pohon kelapa sawit yang tidak bisa lagi digunakan. Oleh sebab itu, Pemkab Muba melalui dinas terkait sedang mendiskusikan dengan ahli perkebunan guna memanfaatkan kembali batang pohon tersebut agar memiliki nilai jual, serta Peremajan juga perlu dipikirkan  pada masa replanting dengn memanfaatkan lahan dengan tanaman sela berupa pajale (padi jagung kedele) guna merealisasikan ketahana pangan nasional”, lapornya.

    Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Provinsi Sumsel, BPDP serta dua bank yakni SumselBabel dan BNI atas kerjasama dan bantuan dalam mensukseskan para petani agar mandiri tengah kelesuan ekonomi saat ini.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Muba Drs Iskandar Syahrianto MH, mengatakan Muba adalah kabupaten pertama di Indonesia yang mendapatkan dana replanting dari pusat melalui BPDP.

    “Alhamdulilah, setelah beberapa bulan terakhir, kita (Pemkab Muba) bekerja keras akhirnya mendapatkan dana replanting. Nantinya dana itu langsung masuk ke rekening masing- masing petani sebesar 25 juta/hektar,” ujarnya dengan nada bahagia.

    Ia juga mengatakan kedepannya kita mengajukan permohonan lagi dana ke BPDP untuk 8.000 ha kebun kelapa sawit.(relis humas pemkab muba)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com