• Barito Utara Ikuti Festival Budaya Kalteng

    0

         Muara Teweh, jurnalsumatra.com – Kontingen Kabupaten Barito Utara siap mengikuti Festival Budaya Isen Mulang Kalimantan Tengah di Palangka Raya, 18-24 Mei 2016.
    “Saya minta kegiatan budaya ini dijadikan sarana untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan bidang seni budaya tradisional yang ada di Kabupaten Barito Utara secara luas ke masyarakat,” kata  Bupati Barito Utara Nadalsyah  ketika melepas kontingen di Muara Teweh, Senin.
    Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang mempertandingkan sejumlah kegiatan di antaranya cabang olahraga tradisional tersebut kontingen Kabupaten Barito Utara menyertakan sebanyak 144 orang termasuk atlet dan  ofisial.

         Kabupaten Barito Utara akan mengikuti beberapa jenis lomba di antaranya sepak sawut, dayung tradisional dan besei kambe, menyumpit, maloto atau mangaruhi, balogo, bagasing, maneweng dan manetek,mobil hias, tari tradisional pedalaman dan pesisir.
    “Melalui kegiatan ini kita harapkan Barito Utara dapat dikenal secara luas tidak saja di Kalteng namun hendaknya hingga sampai nasional bahkan mancanegara,” kata Nadalsyah .
    Nadalsyah menjelaskan, setiap unsur seni budaya maupun jenis permainan tradisional yang ditampilkan atau ikut berlomba hendaknya betul-betul dipersiapkan dengan baik dan dikemas seindah mungkin agar kekayaan seni budaya tradisional semakin di kenal secara luas.

         Diharapkan, kata dia, nilai historis maupun estetika yang terkandung dalam nilai-nilai budaya tersebut, mampu menarik perhatian para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung ke Kabupaten Barito Utara.
    “Kegiatan ini selain untuk untuk meraih prestasi, juga sebagai bukti kesungguhan dan komitmen kita untuk selalu mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya tradisional masyarakat Kalteng yang terancam semakin luntur terkikis oleh dampak kemajuan teknologi dan globalisasi dewasa ini,” jelas dia.
    Dalam rangkaian kegiatan FBIM itu Kabupaten Barito Utara juga mengikuti “Kalteng Expo” yang menempati empat stand.
    Pada FBIM tahun 2015 diikuti 14 kabupaten dan kota se-Kalteng Kontingen Barito Utara berhasil meraih juara umum kedua mendapat tujuh medali emas.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com