• Bantul Targetkan Semua Puskesmas Terakreditasi 2018

    0

    Bantul, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan semua pusat kesehatan masyarakat di daerah ini yang berjumlah 27 puskesmas bisa terakreditasi dari pusat hingga 2018.
    “Untuk akreditasi puskesmas, pemerintah pusat menargetkan pada 2019 itu semua puskesmas terakreditasi, dan Bantul punya target hingga 2017-2018 semua puskesmas terakreditasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Maya Sintowati di Bantul, Sabtu.
    Menurut dia, saat ini, dari 27 puskesmas yang ada di Bantul, sudah ada lima puskesmas yang terakreditasi yaitu Puskesmas Bambanglipuro, Puskesmas Pandak I, Puskesmas Jetis, Puskesmas Imogiri I dan Puskesmas Srandakan.
    “Memang baru lima puskesmas, itu karena (terakreditasi) baru tahun ini, dari pengajuan Desember 2015 dapat akreditasi Januari 2016. Dan sekarang ini sudah tiga lagi yang maju, tinggal menunggu sertifikat akreditasinya,” katanya.
    Ia mengatakan, untuk mengupayakan seluruh puskesmas memenuhi syarat akreditasi tidak bisa dilakukan sekaligus, namun secara bertahap, sebab butuh pelatihan dan pendampingan supaya berkomitmen dalam meningkatkan mutu layanan bagi masyarakat itu.
    “Upayanya dengan percepatan ke arah situ (akreditasi), pelatihan-pelatihan terus menerus, dan bagi puskemas yang sudah terakreditasi melatih puskesmas yang menunggu atau belum terakreditasi,” katanya.
    Pihaknya optimistis seluruh puskesmas di Bantul bisa terakreditasi hingga dua tahun ke depan, sebab pihaknya mengklaim sarana dan prasarana tiap puskesmas telah memadai sehingga dapat mendukung percepatan akreditasi.
    Maya mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada puskesmas agar puskesmas bisa memenuhi persyaratan, misalnya tentang pencatatan pelaporannya, laporan kegiatan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan bukti temuan masalah kesehatan di lapangan.
    “Kalau kendalanya itu karena surveyornya harus dari pusat yang berkeliling seluruh Indonesia, sehingga kadang-kadang kita menunggu jadwal surveyor untuk menilai standar akreditasinya, tapi mudah-mudahan bisa terpenuhi,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com