• 58 Tim Ikuti Lomba Robot Di Pekanbaru

    0

        Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Sebanyak 58 tim dari 24 perguruan tinggi di Sumatera ikut  lomba pada Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2016 yang diselenggarakan di Politeknik Chevron Riau (PCR), Pekanbaru, Riau.
    “Juara bukanlah berarti ukuran keberhasilan, namun proses pembelajarannya yang sangat berharga dan berguna di hari mendatang. Selamat bertanding,” kata Kepala Sub Direktorat Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan  Pendidikan Tinggi Widyo Winarso di Pekanbaru, Sabtu usai membuka kontes dengan tabuhan kompang.

         Widyo Winarso menyebutkan animo perguruan tinggi untuk ikut kontes robot tiap tahunnya meningkat 10-20 persen.
    Artinya, kata dia, pengembangan kemahasiswaan di bidang robotika semakin baik, termasuk pendampingan dosen, fasilitas yang tersedia. Dibandingkan negara asing, Indonesia bisa diperhitungkan.
    “Bahkan tahun lalu robot Asianpasifik Brodcast Union (ABU) juara umum di Amerika atas nama perguruan  Sultan Agung,” tuturnya,

          Ketua Dewan Juri Kontes Robot Indonesia (KRI) Wahidin Wahab, ditempat yang sama menyebutkan kontes tahun ini merupakan yang ke-15 dilaksanakan di PCR.
    Ada lima regional yang menjadi lokasi penyelenggaraan kontes se-Indonesia yakni Regional I Sumatera, II Jakarta Jawa Barat dan Banten, Regional III Jawa Tengah dan  Jogja, IV Jatim Madura dan Bali serta V Kalimantan dan Indonesia timur.

           “Ada empat kategori kontes yang diperlombakan antara lain Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) divisi Robot Berkaki, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) divisi Robot Beroda, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI),” katanya menguraikan.
    Direktur PCR  Hendriko mengatakan kontes saat ini merupakan yang ketiga kali dituanrumahi PCR setelah tahun 2008 dan 2009.

         “Diharapkan kontes ini terselenggara dengan baik. Ada yang berbeda dibandingkan tahun lalu karena dilakukan di area kampus,” katanya.
    Ia menambahkan PCR mengirimkan perwakilannya dalam kategori KRPAI Berkaki dan Beroda. Selain PCR terdapat juga Amik Mitra Gama Duri, Politeknik Negeri Bengkalis yang mewakili Riau.
    “Semoga sebagai tuan rumah, PCR bisa lolos dan bisa mewakili Regional satu di tingkat Nasional nantinya,” harap Hendriko.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com