• 520 Atlet Pelajar Kaltim Ikuti O2SN

    0

        Samarinda, jurnalsumatra.com – Sebanyak 520 atlet pelajar SMP dan SMA di Provinsi Kalimantan Timur siap mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional yang dipusatkan di Kota Samarinda pada pada 23-26 Mei 2016.
    “Acara pembukaan O2SN digelar Senin malam. Selanjutnya mulai besok (Selasa, 24/5), semua peserta akan mengikuti pertandingan yang tersebar di sejumlah lokasi,” ujar Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur Deslan Nispayani di Samarinda, Senin.
    Jumlah peserta sebanyak itu terdiri dari 313 orang atlet SMP yakni 158 putri dan 155 putra, kemudian dari SMA terdapat 207 peserta dengan rincian 106 atlet putri dan 101 atlet putra.
    Pada O2SN SMP terdapat delapan cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni atletik, karate, pencak silat, bulu tangkis, catur, tenis meja, renang, dan bola voli.
    Sedangkan pada jenjang SMA dilombakan enam cabang olahraga masing-masing atletik, karate, pencak silat, bulu tangkis, catur, dan tenis meja.

        Deslan mengatakan pertandingan O2SN digelar di sejumlah tempat, yakni atletik di Stadion Palaran, karate di SMPN 4 Samarinda, pencak silat di gedung IPSI Air Hitam, bulu tangkis di gedung KNPI Samarinda, catur di Hotel Jamrud, tenis meja di SDN 04, kemudian renang dan bola voli di komplek Stadion Segiri.
    “Tujuan digelarnya O2SN ini, antara lain untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi siswa terhadap bidang olahraga, meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif, meningkatkan kesehatan jasmani, meningkatkan mutu akademis, dan membangun jiwa sportivitas,” ujarnya.
    Ia menambahkan para juara O2SN tingkat Provinsi Kaltim akan diikutkan mengikuti O2SN tingkat nasional di Jakarta pada Juli 2016, sehingga mereka yang menjadi juara pertama diminta terus berlatih untuk meningkatkan kemampuannya.
    “Masing-masing cabang olahraga didampingi oleh pelatih. Jumlah pelatih dalam O2SN tingkat Provinsi Kaltim tahun ini sebanyak 149 orang, terdiri dari pelatih di jenjang SMP sebanyak 92 orang dan pelatih dari jenjang SMA sebanyak 57 orang,” ujar Deslan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com