• 3157 Atlet Telah Masuk “Entry By Name”

    0

        Bandung, jurnalsumatra.com – Sebanyak 3157 atlet telah tercatat dan masuk ke dalam “entry by name” Bidang Pertandingan PB PON XIX/2016 Jawa Barat dan dinyatakan lolos oleh tim keabsahan atlet.
    “Hingga Kamis (19/5) sudah masuk sebanyak 3157 nama atlet ke data ‘entry by name’ atau sekitar 32,32 persen dari total atlet yang masuk di data entry by number lalu,” kata Ketua Bidang Pertandingan PB PON XIX/2016 Jabar dan Peparnas XV/2016 Jabar Yudha M Saputra di Bandung, Jumat.
    Yudha mengatakan, para atlet itu didaftarkan oleh masing-masing kontingen dan langsung ditangani oleh tim keabsahan yang terdiri dari Dewan Hakim yang telah bertugas sejak awal Mei 2016 untuk keabsahan atlet.
    Dari total 3157 atlet yang sudah masuk data entry by name itu antara lain terdiri dari 1909 atlet putra dan 1248 atlet putri.
    Berdasarkan data entry by number pada 17 April 2016 lalu, tercatat jumlah atlet yang masuk pada tahapan itu sebanyak 9766 atlet yang terdiri dari 6019 atlet putra dan 3747 atlet putri.
    “Proses input data entry by name akan berlangsung dalam hingga bulan depan, nantinya setelah batas akhir 17 Juli langsung ditutup. Jadi Juli 2016 mendatang proses entry by name yang dilakukan PB PON ditargetkan tuntas,” kata Yudha.

         Selain mendaftaran atlet, juga pendaftaran official kontingen. Data terakhir menunjukkan telah terdaftar pada entry by name sebanyak 599 orang dari total official yang akan mendampingi para atlet dari 34 provinsi yakni sebanyak 3652 orang.
    Ia menyebukan sebagian besar provinsi telah memasukan data entry by name para atletnya ke PB PON XIX/2016. Namun demikian ada beberapa provinsi yang sama sekali belum memasukan nama atletnya untuk entry by name.
    “Kami berha3rap pendaftaran entry by name oleh provinsi dilakukan lebih awal sehingga tidak ada penumpukkan entry by name menjelang akhir pendaftaran nama-nama atlet itu,” kata Yudha.
    Proses pendaftaran entry by name dilakukan secara online langsung oleh KONI di provinsi masing-masing yang kemudian masuk server PB PON XIX/2016, kemudian masuk tim keabsahan atlet yang kemudian setelah dilakukan keabsahan atlet dimasukan ke data entry by name.
    Petugas di bagian pendaftaran telah bertugas di Sekretariat PB PON XIX/2016 sejak Februari 2016 lalu menempapi salah satu ruang di Sekretariat PB PON XIX/2016 di kawasan Kompleks Perkantoran Gedung Sate Kota Bandung.
    “Pendaftaran entry by name juga dilakukan untuk beberapa nomor pertandingan tambahan atau penambahan kuota yang disetujui pada pertemuan KONI di Jakarta Maret lalu antara lain menembak, serta penambahan kuota atlet di cabang menembak dan balap motor,” kata Yudha.

         Lebih lanjut, Yudha yang juga Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jabar itu menyebutkan, jumlah atlet pada entry by name kemungkinan akan berkurang dibandung yang terdata pada entry by number.
    Pasalnya, kata dia, kontingen juga akan melakukan evaluasi dan hanya akan mengirimkan atletnya yang berpeluang meraih medali kendati pada nomor cabang olahraga lolos pada babak prakualifikasi PON.
    “Biasanya jumlah entry by name berkurang dibanding entry by number. Kontingen tentu berhitung peluang atletnya, sehingga hanya mengirimkan yang berpeluang meraih medali saja,” kata Yudha.
    Sedangkan tahapan lain yang telah dilalukukan bidang pertandingan PB PON XIX/2016 Jabar antara lain pengadaan alat dan sarana pertandingan, beberapa diantaranya harus diimpor karena spesifikasinya ditentukan oleh cabang olahraga masing-masing.
    Selain itu, pengalihan beberapa cabang olahraga juga dilakukan seperti untuk pertandingan Tarung Derajat dan Bulutangkis dari GOR Bandung yang belum rampung pembangunannya dialihkan ke GOR Pajajaran Bandung dan GOR Bima Cirebon.
    Sama halnya untuk balap motor, juga dialihkan dari Sirkuit Gery Mang Subang ke Sirkuit Bukit Peusar di Kota Tasikmalaya.
    “Semua dilakukan cepat, termasuk mengambil keputusan untuk langkah-langkah alternatif, sehingga skenario persiapan PON XIX/2016 tetap bergulir maksimal,” kata Yudha M Saputra menambahkan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com