• 13.912 Keluarga Miskin Terima PKH

    0
    KAYUAGUNG, SUMSEL. Jurnalsumatra.com – Sebanyak 13.912 keluarga sangat miskin di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), mulai menerima bantuan program keluarga harapan atau PKH dari pemerintah.
    Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKI, Dwi Zulkarnain melalui Kabid Pemberdayaan sosial, Didik Agus Mujianto, Selasa (3/5/2016) mengatakan besaran dana yang diterima oleh individu masing-masing untuk siswa SD Rp. 450 ribu, SMP Rp 750 ribu,  SMA Rp, 1 juta dan ibu hamil Rp 1,2 juta, kemudian ditambah bantuan tetap Rp 500 ribu.
    “Jika tahun lalu siswa SMA tidak terima PKH, tahun ini mereka menerima, kemudian dana untuk ibu hamil sebelumnya Rp 1 juta, sekarang naik menjadi Rp 1,2 juta,” jelasnya sambil mengatakan bantuan disalurkan per triwulan dalam setahun.
    Untuk tahun 2016, bantuan program keluarga harapan yang disalurkan di Kabupaten OKI mencapai Rp,12.006.316.25012 miliar. “Bantuan program keluarga harapan disalurkan, mulai Senin (18/4/2016) hingga, Senin (2/5/2016). Penyaluran dilakukan di Kantor Pos Kayuagung, SP Padang, Lempuing, Mesuji.
    Didik juga mengatakan program keluarga harapan merupakan bentuk perlindungan sosial dari pemerintah. Program ini untuk membantu rumah tangga sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan.
    “Tujuannya untuk mengurangi angkat dan memutus rantai kemiskinan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” katanya.
    Ditambahkannya juga, dengan program keluarga harapan diharapkan dapat meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan serta kesehatan penerima manfaat.
    “Jumlah bantuan yang diterima berbeda-beda, tergantung jumlah anak keluarga penerima manfaat. Misalnya, keluarga penerima yang memiliki seorang anak balita berbeda dengan yang memiliki empat anak,” katanya.
    Sementara itu, Cik Manis (36), penerima program keluarga harapan, mengatakan bantuan tersebut akan digunakannya untuk keperluan sekolah anaknya. “Anak saya tiga bersekolah, seorang SMP, dan seorang SD. Seorang lagi paling bungsu usianya empat tahun,” katanya seraya menyebutkan dirinya menerima bantuan Rp1 juta lebih untuk triwulan pertama.(RICO)
  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com