• 125 Unit Motor Dinas Rejanglebong Rusak Parah

    0

        Rejanglebong, jurnalsumatra.com – Pendataan aset negara jenis kendaraan dinas beroda dua oleh Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, terhitung 1-10 Mei mendapati 125 dari 936 unit mengalami kerusakan parah.
    Kepala Seksi Mutasi dan Penghapusan Aset Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Rejanglebong Dodi Isgianto, Rabu, menjelaskan, jumlah sepeda motor dinas yang ada di daerah itu sebanyak 936 unit yang dipinjampakaikan kepada para kepala desa, lurah dan PNS di berbagai dinas/instansi.
    “Dari jumlah itu diketahui sebanyak 820 unit dibeli dengan menggunakan APBD Kabupaten Rejanglebong dan sisanya bantuan dari Pemprov Bengkulu dan pusat. Dari jumlah itu yang mengalami kerusakan cukup parah, bahkan sudah tidak bisa digunakan lagi mencapai 125 unit,” katanya.

        Selain menemukan sepeda motor dinas yang mengalami kerusakan, kemudian tidak terawatt juga ditemukan sudah ada yang platnya diubah dari merah menjadi pelat hitam serta sebagian lagi tidak membayar pajak sejak diserahkan kepada PNS pemegangnya.
    “Sepeda motor dinas yang tidak membayar pajak ini kebanyakan yang digunakan para kepala desa, sedangkan untuk yang dipegang para lurah tidak ada yang menunggak pajak,” ujarnya.
    Sepeda motor dinas yang didata dan ditertibkan tersebut, kata dia, sebagian besar diparkirkan di halaman rumah dinas bupati setempat. Yang baru diserahkan kembali kepada pemakainya sebanyak 127 unit yang digunakan para kepala desa.

        Dari pendataan yang mereka lakukan selama 10 hari itu jumlah kendaraan dinas roda dua yang belum diserahkan sebanyak 19 unit yang selama ini dipakai oleh kepala desa dan lurah. Selain itu 11 unit kendaraan lainnya dilaporkan telah hilang akibat diambil pencuri.
    Pendataan dan penertiban kendaraan dinas di daerah itu dilakukan setelah bupati setempat memerintahkan agar dilakukan pendataan baik jenis roda empat maupun dua. Hal ini dilakukan sesuai dengan anjuran Badan Pemeriksa Keuangan guna mengetahui jumlah aset yang dimiliki daerah itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com