• Warga Tanjung Harapan Berharap Dibuatkan Sekolah

    0

         Padang Aro, jurnalsumatra.com – Warga di Jorong Tanjung Harapan, Nagari Lubuak Gadang Timur, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, berharap dibuatkan sekolah oleh pemerintah setempat.
    “Jumlah murid SD di sini lebih dari 100 orang dan sekarang mereka sekolah ke Maluih yang berjarak satu kilometer lebih dan Sungai Linkitang yang juga hampir satu kilometer.  Jadi sudah selayaknya dibuatkan sekolah baru,” kata Kepala Jorong Tanjung Harapan, Busnardi di Padang Aro, Jumat.
    Dia menjelaskan masyarakat setempat sudah memberikan tanah mereka untuk pembangunan sekolah tetapi pemerintah malah tidak mau membuatnya.
    Saat ini, tambahnya dengan tanah yang ada, setidaknya bisa membangun tiga kelas serta masih bisa dikembangkan sebab lokasinya cukup luas.
    “Pengusulan pembuatan sekolah ini sudah dilakukan sejak 2011, tetapi entah kenapa pemerintah tidak mau membangunnya,” jelasnya.

         Ia mengatakan masyarakat setempat juga pernah membuat dua lokal jauh dari SD Maluih tetapi sekarang malah ditinggalkan begitu saja.
    Saat ini, tambahnya lokal jauh yang seadanya sudah hampir hancur karena tidak dipergunakan padahal itu hasil swadaya warga yang ingin anaknya lebih dekat ke sekolah.
    Di jorong yang ia pimpin, ujarnya setidaknya dihuni oleh 150 kepala keluarga (KK) dan nyaris setiap rumah memiliki anak yang masih bersekolah.
    Sementara itu Kepala Seksi Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Solok Selatan, Fabril mengatakan untuk Tanjung Harapan memang sudah ada masyarkat menyediakan tanah serta jumlah siswanya memenuhi persyaratan.
    Akan tetapi, jelasnya untuk dibuatkan sekolah di sana pemerintah juga mempertimbangkan dua sekolah yang sudah ada.
    “Kami tidak ingin setelah sekolah dibangun sekolah sebelumnya malah kekurangan murid oleh sebab itu hingga sekarang belum bisa dibangun sekolah di Tanjung Harapan,” katanya.
    Selain itu, sebutnya untuk dibuatkan sekolah baru jaraknya dengan sekolah yang ada minimal tiga kilometer sedangkan di Tanjung Harapan hanya sekitar satu kilometer.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com