• Umat Hindu Akan Berkumpul Di Sumsel

    0
    Alex Noerdin  Setuju Utsawa Dharmagita Diadakan di Sumsel

    Umat Hindu Akan Berkumpul Di Sumsel

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Juli 2017 mendatang Sumatera Selatan akan menjadi tempat kegiatan Utsawa Dharmagita atau lomba membaca kitab suci Weda tingkat nasional pada 2017 yang akan diikuti 3000 umat hindu.

    Hal ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, Bpk. Prof. Drs. I Ketut Widnya, MA.M.Phil.Ph.D di Griya Agung usai bertemu dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

    I Ketut menyebutkan Gubernur Sumsel menyetujui dengan adanya kegiatan ini dan ini menjadi suatu penghargaan bagi Sumsel atas pelaksanaan yang akan dipusatkan di kawasan Jakabaring Sport City.

    Gubernur memastikan apa yang harus dibantu dari Sumsel dan kami sudah sampaikan, diantaranya transportasi, Gubernur juga bertanya, lanjut Ketut mengapa memilih Sumsel, karena fasilitas di Jakabaring lengkap dan sangat bagus untuk kegiatan. Selain itu juga aman, masyarakatnya toleransi.

    Ini adalah even nasional dan biasanya dibuka langsung oleh Presiden. Jadi kami meminta supaya Gubernur Sumsel menindaklanjuti untuk mengundang Presiden tentu juga dari kementerian secara formal akan mengundang Presiden.

    Ketut menerangkan, even ini adalah even yang dilaksanakan untuk ke 14 kalinya pada tahun 2017. Peserta dari Utsawa Dharmagita ini akan diikuti oleh 3000 peserta, dan ini akan digabung dengan ofisialnya maka sampai 5000 an.

    Semua akan melibatkan seluruh umat Hindu di Indonesia, termasuk Sumsel,Ketut yang didampingi oleh Direktur Urusan Agama Hindu Kementerian Agama RI, Bpk. Wayan Duda ini menambahkan acara selain loma pembacaan ayat-ayat suci kitab Weda, juga ada pameran, pentas seni, seminar dan lain sebagainya.

    Pelaksanaan pun digelar selama 6 hari, untuk tanggal pastinya masih akan dibicarakan lebih lanjut. Utsawa Dharmagita sebelum dilaksanakan di Sumsel, sudah dilaksanakan dibeberapa provinsi lain, diantaranya Jakarta, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Kendari dan lain sebagainya.

    Ia berharap dengan adanya kegiatan ini umat Hindu bisa memahami ajaran-ajaran agama lebih dalam, spiritual pemahaman menjadi meningkat dan lain sebagainya.Jadi kami butuh partisipasi di Sumsel juga untuk turut serta dalam kegiatan ini harapnya.(yuyun)

    .

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com