• Timsel Siap Jaring Panwaslih Muba

    0
    Timsel Siap Jaring Panwaslih Muba

    Timsel Siap Jaring Panwaslih Muba

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Menjelang Pilkada Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumsel melalui Panitia Seleksi, membuka pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilu Kepala Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

    Pimpinan Bawaslu Sumsel Divisi pengawasan Kurniawan, ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya, ketua Pansel Panwaslukada Muba 2017 Prof Dr Al Fitri, Mukhtarudin Muchsiri (sekretaris) dan Yusnaini.

    Dalam hal ini Banwaslu Provinsi Sumsel akan mengeluarkan pengumuman untuk pendaftaran calon Panwaslukada Muba sendiri akan dimulai 14-20 April,disampaikan melalui media massa, Bawaslu Sumsel dan Kesbangpolinmas Muba.

    Sementara penerimaan pendaftaran akan dibuka pada 21-27 April, di sekretariat Pansel di Bawaslu Sumsel, dan Kesbangpollinmas Muba.

    Perbaikan dan pelengkap kekurangan persyaratan dimulai 21 April-2 Mei, dan perpanjangan pendaftaran dimulai 28 April-2 Mei, termasuk seleksi administrasi diwaktu yang sama.

    Pengumumam hasil seleksi administrasi dilaksanakan pada 3 Mei, dan seleksi tertulis pada 10 Mei, dilanjutkan pengumuman hasil seleksi pada 13 Mei, sebelum wawancara calon yang lulus seleksi tertulis 16-17 Mei, dulanjutkan pengumuman hasil pada 19 Mei.

    “Nantinya akan ada 6 calon hasil seleksi yang diterima Bawaslu Sumsel, setelah dilakukan seleksi oleh pansel, untuk dilanjutkan fit and propertes di Bawaslu Sumsel, dan nantinya diambil 3 nama saja,”kata ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya didampingi pimpinan Bawaslu Sumsel Divisi pengawasan Kurniawan, ketua Pansel

    “Kita akan menargetkan akhir Mei sudah terbentuk. Meski tahapan belum tahu, tapi Pilkada Muba dilaksanakan 15 februari 2017, maka bulan Juni sudah dianggap dimulai tahapannya,”jelanya

    Sementara ketua Pansel Panwaslukada Al Fitri, mengungkapkan pihaknya memiliki waktu seleksi sekitar 2 bulan, untuk melakukan tahapan seleksi calon Panwaslukada Muba tersebut.

    “Kita bertiga akan berkeja sesuai aturan pedoman Bawaslu, dan soal tes tertulis nanti dikirim langsung dari BawasluRI,”ujarnya.

    Ditambahkan Al Fitri, dalam pendaftaran nanti dipastikan adalah orang yang memang benar merupakan warga yang berdomisili di Kabuputan Muba, yang ditunjukkan dengan KTP dan KK Muba.

    “Usia minimal 30 tahun dan tidak boleh melampirkan KTP sementara. Jika ada, jelas akan didiskualifikasi, karena kita tidak menerima lagi KTP sementara,”tandasnya.

    Dilanjutkan Al Fitri, pihaknya menjamin proses seleksi calon Panwaslukada tersebut akan berjalan transparan, dan tidak ada titipan kandidat tertentu.

    “Proses akan kita lakukan transparan untuk menghindari titipan, dan tekanan politik kita jamin itu. Karena tahun ini Muba satu-satunya yang melaksanakan Pilkada maka kita harus baik, dan diharapkan bisa menangkal titipan itu, sehingga memilih calon berkualitas,”pungkasnya.(yuyun)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com