• Teluk Wondama Siapkan Lahan Bandara Baru

    0

    Manokwari, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat telah menyiapkan lahan untuk membangun bandar udara yang baru di daerah tersebut.
    Bupati Teluk Wondama Bernadus Alkhatib Imburi di Manokwari, Minggu mengatakan bandara baru akan dibangun di wilayah utara Teluk Wondama.
    Dilokasi tersebut, warga siap melepaskan lahan mereka sepanjang 5.000 meter dengan lebar 300 hingga 400 meter.
    “Kami sudah bertemu dengan masyarakat pemilik lahan, dan mereka siap melepaskan lahan untuk bandara,”kata dia.
    Dia menyebutkan, beberapa waktu lalu dinas perhubungan telah meninjau lokasi. Dia berharap, survei segera dilakukan untuk menentukan visibiltas atau kelayakan lokasi tersebut sebagai bandara.
    Bupati menjelaskan, Bandara Margono Teluk Wondama yang berada di wilayah Distrik Wasior itu sudah tidak dapat dikembangkan, mengingat lokasi tersebut berada dikawasan padat dan kurang strategis.
    “Setidaknya kita butuh landasan bandara sepanjang 1800 meter agar pesawat berbadan besar bisa mendarat. Panjang landasan bandara itu cuma 600 meter, perpanjangan ke arah utara maupun selatan sudah tidak bisa lagi,” ujarnya.
    Saat berkunjung ke Teluk Wondama dua pekan lalu, kata Bernadus Presiden Joko Widodo minta agar pemerintah daerah menyiapkan lahan yang lebih luas agar tahun depan bandara baru bisa dibangun.
    “Kami sudah mencari lahan, dan puji tuhan masyarakat pun cukup respon baik. Lahan sekarang sudah ada tinggal disurvei untuk menentukan apakah lokasi itu layak untuk aktivitas penerbangan pesawat,” ujarnya lagi.
    Seperti diketahui, Bandara Margono saat ini hanya bisa didarati pesawat single engine dengan kapasitas 6-10 orang dan terbang selama 30 menit.
    Sejak beberapa bulan ini aktivitas pesawat menuju daerah itu pun sudah berkurang. Transportasi satu-satunya yang bisa dimanfaatkan adalah kapal laut.
    Aktivitas kapal dari dan menuju daerah itu pun sudah semakin lancar. Saat ini sudah ada beberapa kapal komersil yang mengangkut barang dan penumpang menuju kabupaten tersebut.
    Pemerintah pusat terlihat semakin gencar membangun koneksitas transportasi di daerah tersebut. Hal ini menjadi peluang pemerintah Teluk Wondama untuk mengembangkan sektor pariwisata di daerah ini.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com