• Tekan Kecelakaan Kerja, Bangun Posko UKK

    0
    Tekan Kecelakaan Kerja, Bangun Posko UKK

    Tekan Kecelakaan Kerja, Bangun Posko UKK

    Lahat, jurnalsumatra.com – Bupati Lahat, H Safudin Aswari Rivai SE melalui Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Yankesmas), Taufik M Putra SKM MM menguraikan, dari 400 kasus kecelakaan kerja, tujuh diantaranya mengalami kematian setiap harinya, serta 9,83 persen korban tersebut cacat dan terpaksa tidak mampu bekerja lagi.

    “Berdasarkan data ILO dari 27 Negara, Indonesia masuk urutan ke 26 jumlah kasus kematian, kesakitan dan kecelakaan akibat bekerja. Untuklah, pembangunan kesehatan kerja sangat penting,” ulasnya, Senin (18/4).

    Oleh sebab itu, katanya, seiring pembangunan industry saat ini syarat akan teknologi yang selain berdampak positif bagi segi ekonomi, juga dapat menimbulkan dampak buruk.

    “Inilah yang menjadi salah satu pertimbangan perluanya pembentukan wadah pelayanan kerja informal yaitu posko upaya kesehatan kerja (UKK), dalam menekan angka kecelakaan kerja,” terang Rasyidi.

    Ia menambahkan, adapun pembentukan posko UKK ini merupakan bentuk pemberfayaan masyarakat dikelompok pekerja informal, terutama didalamupaya Promotif dan Preventif.

    “Tujuannya, tidak lain memberikan perlindungan pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang ditimbulkan dari pekerjaan mereka,” jelasnya lagi.

    Dengan menlihat kejadian yang ada, menurut Rasdiyi, diharapkan tentunya di Kabupaten Lahat sendiri mulai dibangun posko UKK sesuai dengan standar. Pembentukan dan pengembangan posko menjadi upaya kesehatan kerja berkesinambungan dan terpadu.

    “Ini semua, agar dapat menjangkau pelayanan kesehatan kerja terutama masyarakat pekerja informal, termasuk juga kerugian akibat penyakit,” imbuhnya lugas. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com