• Tahun 2015 Dinkes Lahat Temukan Dua Kasus AFP

    0
    Kepala BPM Pemdes, HA Rizal Baki SH MM.. (1)

    Tahun 2015 Dinkes Lahat Temukan Dua Kasus AFP

    Lahat, jurnalsumatra.com – Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Rasyidi Amri MT MKM didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Kesehatan, Ubaidillah SKM MKes menyebutkan, sepanjang 2015 ini telah ditemukan dua kasus Acut Flacid Paralysis (Lumpuh layu mendadak, red), sedangkan pada 2016 sampai saat ini belum menemukan.

    ‘Nah, sedangkan untuk kasus campak sendiri, sudah mengirimkan tujug Spesimen dari Puskesmas Saung Naga, Sukarame dan Pagarjati,” ujarnya.

    Dijelakannya, penemuan kasusu ini bukan merupakan aib, justru menunjukan gambaran kinerja suveilans di wilayah masing-masing, disamping itu, masih memiliki waktu delapan bulan ke depan untuk menemukan dua penyakit disebutkan diatas.

    “Dengan adanya program suveilans ini tentunya dapat menemukan sekaligus mengirim sampel Spesimen AFP dan campak dengan ditambah yang terbaru adalah suveilans penyakit tidak menular (PTM),” tambahnya lugas.

    Menurutnya, program suveilans ini untuk mendapatkan data kesehatan yang valid, lengkap ada aktual, sehingga menghasilkan informasi kesehatan yang berkualitas sebagai dasar pengambilan keputusan untuk intervensi masalah kesehatan.

    “Hanya saja, dalam laporan mingguan wabah untuk kelengkapan sudah bagus, tinggal ketepatan waktu pengiriman laporan dengan SMS masih sebagian lewat dari hari ditentukan setiap pekannya,” kata Rasyidi. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com