• Sembilan Pulau Di Lebak Tanpa Penghuni

    0

         Lebak, jurnalsumatra.com – Sembilan pulau kecil di Kabupaten Lebak, Banten hingga kini tanpa penghuni sehingga pelestarian dan ekosistem biota laut di daerah itu relatif baik.
    “Kami menjaga kesembilan pulau kecil agar tetap lestari,” kata Kepala Bidang Kelauatan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lebak, Winda Triana di Lebak, Sabtu.
    Kesembilan pulau kecil itu antara lain adalah Pulau Manuk, Pulau Karang Bokor, Pulau Tanjung Layar, Pulau Karang Masigit, Karang Akepan, Pulau Karang Songsong, Pulau Batu Goong, Pulau Karang Kabua Gede, dan Pulau Karang Kabua Leutik.

         Populasi pulau kecil tersebar di Kecamatan Bayah, Cilograng dan Cihara dengan luas sekitar 2.200 hektar.
    Selama ini, kondisi pulau-pulau kecil di Kabupaten Lebak tetap lestari karena banyak pepohonan serta batu karang.
    Namun, pulau itu tanpa penghuni dan dijadikan perlindungan nelayan jika sewaktu-waktu adanya badai maupun gelombang tinggi.
    “Kami tetap mengawasi pulau kecil itu agar keberadaanya tidak rusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

         Menurut dia, pengawasan pulau kecil tersebut berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 27/2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil agar tetap lestari.
    Pemerintah daerah juga tidak melakukan reklamasi terhadap pulau-pulau kecil itu, meskipun memiliki potensi objek wisata, seperti Pulau Tanjung Layar dan Pulau Manuk.
    Bahkan, Pulau Manuk sebagai lokasi tempat migrasi burung-burung elang dari Benua Australia.
    Pemerintah daerah juga hingga kini melestarikan pulau kecil dengan menanam mangrove agar tidak erosi juga terumbu karang.

         Sebab, pulau kecil harus dilestarikan sebagai aset daerah.
    Pihaknya juga melibatkan pengamanan pulau itu dengan petugas pengawas pantai juga masyarakat pesisir agar tidak terjadi eksploitasi karang maupun perusakan pepohonan.
    “Kami akan menindak tegas jika ada orang yang melakukan perusakan pulau kecil hingga diproses secara hukum,” katanya menjelaskan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com