• Sebagian Wilayah NTT Masuki Musim Kemarau

    0

         Kupang, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas II Lasiana Kupang memprediksi, sebagian wilayah di Nusa Tenggara Timur mulai memasuki musim kemarau.
    “Prakiraan BMKG untuk zona musim NTT, pada akhir Maret sampai awal April, sebagian daerah sudah akan memasuki musim kemarau,” kata Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas II Lasiana Kupang Apolinaris kepada Antara di Kupang, Sabtu.
    Dia mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan seputar kemungkinan NTT masih kebagian musim hujan, mengingat daerah itu mengalami keterlambatan musim hujan pada tahun ini.

         Apolonaris menjelaskan, prakiraan musim kemarau 2016 pada 23 Zona Musim (ZOM) di Nusa Tenggara Timur secara umum dapat disimpulkan bahwa awal Musim Kemarau 2016 Zona Musim (ZOM) di NTT diprakirakan umumnya mulai April 2016.
    Jika dibandingkan terhadap rata-ratanya selama 30 tahun (1981- 2010), awal Musim Kemarau 2016 diprakirakan di sebagian besar daerah Nusa Tenggara Timur maju dari rata-ratanya.
    Sifat Hujan selama Musim Kemarau 2016 di sebagian besar daerah Nusa Tenggara Timur diprakirakan umumnya Normal.

         Mengenai antisipasi kekeringan, dia mengatakan pihaknya tidak dapat mengarahkan pemerintah untuk mengambil langkah penanganan terhadap dampak kekeringan.
    “Kalau soal langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya gagal tanam maupun gagal panen, merupakan kewenangan pemerintah,” katanya.
    BMKG, kata dia, hanya memberikan laporan tentang prakiraan cuaca
    agar pemerintah dapat menjadikannya sebagai bahan dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan.
    Namun hal yang paling penting adalah para petani harus bisa memanfaatkan air yang ada untuk menanam tanaman, yang bisa menopang kebutuhan rumah tangga, katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com