• Rosihan Arsyad Sanjung Alex Noerdin

    0
    Rosihan Arsyad Sanjung Alex Noerdin

    Rosihan Arsyad Sanjung Alex Noerdin

    Palembang, jurnalsumatra.com – Kemajuan di berbagai bidang yang diraih Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini, menjadikannya sebagai salah satu Provinsi terdepan di Indonesia. Keberhasilan ini tentunya sangat dipengaruhi oleh sosok pemimpin dibelakangnya yang menentukan arah dan tujuan pembangunan suatu daerah.

    Gubernur Sumsel periode 1998-2003, Laksamana Muda TNI (Purn) H Rosihan Arsyad menilai, Provinsi Sumsel saat ini sudah melompat jauh kedepan di bawah kepemimpinan Gubernur H Alex Noerdin. Menurutnya, Alex sudah berhasil meneruskan perjuangan membangun Sumsel dengan berbagai prestasi yang dia raih.

    “Jujur saja saya mengagumi sosok Gubernur H Alex Noerdin yang memiliki visi misi jauh ke depan. Apalagi keberhasilannya meneruskan pembangunan Sumsel,” ungkap Rosihan secara gamblang pada pembukaan Workshop Learning and Leadership Development Program (L2DP) di Griya Agung Palembang, Jumat (15/4).

    Rosihan menambahkan, workshop yang dibuat ini bukan untuk membangunkan semangat Sumsel, karena Sumsel saat ini sudah jauh lebih maju ke depan. Namun, untuk berbagi tentang kepemimpinan yang inovatif dan mampu menghadapi tantangan.

    “Menurut saya Pak Gubernur tidak harus mengikuti workshop ini, karena beliau sudah jauh lebih inovatif. Saya tahu betul beliau sejak masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dulu,” ujar Rosihan yang juga Ketua Yayasan United in Diversity.

    Sebaliknya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menilai, sosok Gubernur Sumsel ke-12 Rosihan Arsyad ini merupakan penggagas diselenggarakannya Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2004 di Sumsel yang menjadi salah satu langkah awal suksesnya berbagai event internasional lainnya di Sumsel.

    Menurut Alex, kemajuan Provinsi Sumsel saat ini tidak luput dari perjuangan sosok H Rosihan Arsyad dimasa kepemimpinannya. Seperti halnya PON 2004 berhasil diselenggarakan dengan sukses di Provinsi Sumsel dan menjadi suatu trigger yang sangat penting serta pertama kalinya menorehkan sejarah bagi Provinsi Sumsel.

    “Contoh lain Jakabaring Sport City saat ini, Stadion Utama Gelora Sriwijaya dibangun pada masa kepemimpinan H Rosihan Arsyad. Saya teringat dulu kita pernah duduk berdua merenung di bawah stadion yang belum selesai dibangun,” kata Alex kepada Rosihan Arsyad.

    Dalam kesempatan ini, Alex juga memaparkan berbagai kemajuan di Sumsel, diantaranya, kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games, dan rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api Api (KEK TAA).

    Dijelaskan Alex, Sumsel saat ini menjadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia, seperti contoh kecil Sumsel penyerap dana APBN terbesar di Indonesia. Selain itu, belum dimulai Asian Games 2018, Presiden Joko Widodo sudah menyetujui pembangunan Sirkuit Moto GP di Jakabaring yang juga diinginkan banyak provinsi lain.

    Lanjut Alex, tujuan utama semua event olahraga yang dilaksanakan Sumsel yakni untuk menggerakkan perekonomian. Menurutnya, walaupun bukan provinsi terkaya, tetapi Sumsel mempunyai semangat yang kuat untuk maju dibanding daerah lain.

    “Presiden sudah menyetujui rencana MotoGP di Sumsel, namun perjalanan masih panjang untuk mewujudkan ini. Yang pasti kita harus yakin, karena semua ini ditujukan untuk menggerakkan perekonomian Sumsel,” terangnya.

    Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel, Joko Iman Santoso, selaku Ketua Pelaksana mengatakan, workshop yang digelar merupakan gagasan dari Laksamana Muda TNI (Purn) H Rosihan Arsyad beberapa waktu lalu dan direspon langsung Gubernur H Alex Noerdin agar dilaksanakan.

    Menurutnya, acara ini harus diikuti secara tekun karena akan bermanfaat dalam meningkatkan sumberdaya para peserta. Selain itu, ada hal yang penting dari kegiatan ini adalah dua sosok pemimpin yang saling mengagumi atas keberhasilan membawa Sumsel jauh lebih maju dibanding provinsi lain di Indonesia.

    “Workshop ini diikuti 59 peserta, diantaranya pejabat Eselon II dan Kepala SKPD dilingkungan Pemprov Sumsel. Sesuai arahan Gubernur seluruh peserta diharapkan dapat mengikuti acara ini sampai selesai,” tegasnya.

    Workshop dengan tema Developing Bridging and Effective Leadership Capacity Towards 18th Asian Games and Moto GP 2018 in South Sumatera ini berlangsung 15-16 April, menghadirkan Keynote Speaker Laksamana Muda TNI (Purn) H Rosihan Arsyad dan tim dari Universitas Paramadina.(relis humas pemprov sumsel)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com