• Polda Sumsel bertekad hapus predikat rawan senpi

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Kepolisian Daerah Sumatera Selatan bertekat menghapus predikat ranking satu berdasarkan analisa Mabes Polri sepanjang 2015 sebagai wilayah paling rawan tindak kejahatan menggunakan senjata api (senpi).

    “Saya baru beberapa bulan bertugas di provinsi ini, predikat sebagai wilayah paling rawan tindak kejahatan menggunakan senjata api merupakan salah satu prioritas tugas yang harus diselesaikan,” kata Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Djoko Prastowo pada acara pemusnahan barang bukti kejahatan 1.467 senjata api rakitan laras panjang dan pendek di halaman Mapolda Sumsel, Palembang, Rabu.

    Menurut dia, untuk menghapus predikat ranking satu rawan senpi itu, sepanjang 2016 ini pihaknya berupaya gencar melakukan kegiatan operasi penertiban dan pemberantasan penyalahgunaan senjata api, serta sosialisasi mengenai bahaya dan sanksi hukum bagi masyarakat yang terbukti memliki, menyimpan, dan menyalahgunakan senjata api.

    Bagi masyarakat yang kedapatan memiliki, menyimpan, dan terbukti menyalahgunakan senjata api akan ditindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum dengan ancaman maksimal penjara seumur hidup, katanya.

    Melihat beratnya ancaman hukum bagi masyarakat yang terbukti menyalahgunakan senjata api, Kapolda Djoko Prastowo mengimbau masyarakat yang sekarang ini masih memiliki dan menyimpan senjata api jenis apapun di rumah atau suatu tempat agar secara sukarela menyerahkannya kepada aparat kepolisian terdekat.

    Masyarakat yang dengan penuh kesadaran sendiri atau secara sukarela menyerahkan senjata api kepada petugas tidak akan diproses hukum, sebagaimana jika diketahui dan diamankan petugas dalam kegiatan operasi kepolisian.

    Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan dapat menekan angka kasus tindak kejahatan menggunakan senjata api dan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam menjalankan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari, serta tidak lagi masuk daftar Mabes Polri sebagai wilayah paling rawan penyalahgunaan senpi, ujar jenderal polisi bintang dua itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com