• Polda Babel Amankan 10,7 Ton Timah Ilegal

    0

         Pangkalpinang, jurnalsumatra.com -  Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Kepulauan Bangka Belitung telah mengamankan sebanyak 10,7 ton pasir timah ilegal dari sebuah gudang milik kolektor timah Berlin di Kelurahan Kuday, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.
    “Sebelumnya kami perkirakan ada 8 ton namun setelah dihitung lagi ternyata totalnya sebanyak 10,7 ton. Pasir timah sebanyak 10,7 ton tersebut terdiri dari 279 karung,” kata Dirkrimsus Polda Kepulauan Bangka Belitung Kombes Pol Pipit Rismanto melalui Kasubdit Tipidter AKBP Saptono, Rabu.
    Ia mengatakan, selain mengamankan barang bukti, pihaknya juga telah menahan pemilik gudang itu yakni Berlin kemarin siang setelah ditetapkan sebagai tersangka kepemilikan timah ilegal.
    “Kami menahan tersangka setelah diinterogasi. Diduga kuat timah-timah yang mereka simpan digudang tidak dijual kepada smelter-smelter resmi namun ke pihak yang tidak jelas diluar Babel,” katanya.

         Ia mengatakan, gudang timah milik tersangka di Kelurahan Kuday, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, dilakukan penggerebekan oleh Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) pada Senin (25/4).
    “Penggerebekan terhadap gudang pasir timah milik tersangka ini dilakukan terkait penyelundupan. Sebelumnya kami telah melakukan pengecekan terhadap kolektor-kolektor yang diduga menyimpan pasir timah ilegal,” ujarnya.
    Ia menyebutkan, dengan barang bukti sebanyak 10,7 ton tersebut, tersangka diduga melanggar pasal 161 Undang-Undang Republik Indonesia (UU-RI) nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).
    “Atas kasus ini tersangka terancaman pidana maksimal kurungan 10 tahun penjara dan denda paling banyak Rp10 miliar,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com