• PILKADA Tapanuli Tengah Digelar Februari 2017

    0

    Pandan, Sumut, jurnalsumatra.com – Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah untuk Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, akan digelar Februari 2017, sesuai dengan ketetapan yang telah di putuskan Komisi Pemilihan Umum.
    “Sementara untuk pelaksanaan seluruh rangkaian tahapan pilkada, kita masih menunggu jadwal resmi yang akan diterbitkan oleh KPU RI,” kata Komisioner KPU Tapanuli Tengah Divisi Teknis Penyelenggaraan, Masril Tua Rambe di Pandan, Selasa.
    Meski masih menunggu jadwal resmi dari KPU Pusat, ia memperkirakan tahapan pilkada Tapanuli Tengah akan dimulai akhir April 2016 atau tepatnya tanggal 30 April 2016.
    “Berdasarkan draf PKPU tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan yang telah disusun KPU, tahapan pilkada serentak tahun 2017 akan dimulai tanggal 30 April 2016, termasuk untuk Kabupaten Tapanuli Tengah. Itu masih draf, nanti kita tunggu jadwal resminya setelah PKPU diterbitkan oleh KPU Pusat,” katanya.
    Ia menjelaskan, tahapan pilkada ada dua bagian besar, yaitu tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan, yakni untuk tahapan persiapan akhir April 2016 dan tahapan penyelenggaraan sekitar Agustus 2016.
    Sedangkan penyerahan syarat dukungan calon perseorangan diperkirakan pada pertengahan bulan Juli 2016, kemudian dilanjutkan dengan penelitian minimal dukungan dan sebaran dukungan serta analisa dukungan ganda.
    Setelah itu, syarat dukungan tersebut diserahkan ke PPS untuk dilakukan verifikasi administrasi dan faktual.
    “Calon pasangan perseorangan dilaksanakan lebih awal karena harus menyerahkan syarat dukungan terlebih dulu. Untuk Tapanuli Tengah syarat dukungan minimal sekitar 19.000 KTP,” katanya.
    Sedangkan penetapan calon, baik dari perseorangan mau pun dari partai politik sesuai draf, dilakukan pada 30 September 2016.
    Pengundian nomor urut calon pada 1 Oktober 2016, kemudian masa kampanye dimulai 4 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.
    Masa tenang dan pembersihan alat peraga pada 12-14 Februari 2017 dan pencoblosan akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017.
    “Ini baru sekadar draf. Untuk kepastian jadwal secara lengkapnya, KPU Tapanuli Tengah masih akan menunggu keputusan KPU Pusat,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com