• Petambak Konawe Sultra Tunggu Kehadiran Penyuluh

    0

    Unaaha, Sultra, jurnalsumatra.com – Petambak ikan bandeng dan udang di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengharapkan penyuluh perikanan proaktif turun ke lapangan mendampingi petani mengelola tambak.
    Anggota DPRD Sultra Syamsul Ibrahim di Kendari, Sabtu, mengatakan petambak membutuhkan pendampingingan karena beragam masalah yang ditemui saat mengelola tambak.

    “Biasanya petambak ingin berkonsultasi berkaitan masalah kadar air, warna air maupun aroma air dalam tambak karena ikut mempengaruhi pertumbuhan ikan maupun udang,” kata Syamsul Ibrahim, politisi PAN.
    Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa salah satu penyebab minimnya penyuluh mendampingi petani dalam mengurus atau merawat tambak karena tenaga penyuluh sangat terbatas.
    Dinas Kelautan dan Perikanan selalu menyarankan kepada badan kepegawaian daerah (BKD) tentang alokasi penerimaan formasi tenaga penyuluh pertanian secara luas untuk menjawab kebutuhan petani.

         Penyuluh perikanan Kabupaten Konawe Maharuddin mengatakan tenaga penyuluh perikanan sangat terbatas.
    “Bisa dibayangkan satu orang penyuluh perikanan harus melayani sekitar 800 hektare tambak dengan sebaran tiga hingga empat kecamatan. Pasti tidak maksimal dalam pelayanan,” kata Maharuddin.
    Menurut dia para petani mengembangkan usaha tambak belajar secara alamiah dari pengalaman berpuluh-puluh tahun.
    “Petani menggunakan pupuk atau obat-obatan untuk menjaga kualitas air berdasarkan pengalaman atau antarpetani tukar informasi,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com