• Perpustakaan Musirawas Sepi Pengunjung

    0

    Musirawas, jurnalsumatra.com – Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Musirawas, Sumatera selatan, hingga saat ini sepi pengunjung karena lokasinya kurang strategis dan berada dalam kawasan perkantoran Agropolitan Center, Muara Beliti.
    “Kami mengusulkan untuk membangun kantor baru yang lokasinya dipinggir jalan lintas Sumatera sehingga mudah dijangkau oleh para siswa dan masyarakat umum,” kata Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Musirawas Supryanto, Sabtu.
    Ia mengatakan pengunjung perpustakaan itu setiap hari hanya rata-rata sepuluh orang akibat lokasinya sulit dijangkau dan berada dalam wilayah perkantoran, sedangkan pembaca yang diharapkan sebagian besar dari para siswa dan mahasiswa.
    Minimnya pengunjung perpustakaan itu bukan faktor pelayanan ataupun keterbatasan materi buku, tapi akses dan lokasi keberadaan perpustakaan itu tidak strategis.
    Selama ini sudah banyak upaya untuk meningkatkan pembaca antara lain kerja sama dengan sejumlah sekolah agar sewaktu-waktu dapat dijadikan sebagai refrensi siswa mencari dan meminjam buku dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung.
    Selain itu pihaknya sudah mengajukan ke Bupati Musirawas Hendra Gunawan untuk membangun kantor baru yang lokasinya stragtegis dan mudah dijangkau oleh berbagai masyarakat umum.
    Pembangunan kantor perpustakaan baru itu sudah diusulkan dengan  dana sebesar Rp2 miliar untuk pembeasan lahan sekaligus pembangunan gedung kantor baru, ujarnya.
    Kepala Seksi KPAD Musirawas Lestari Gunadi mengakui bahwa minat pengunjung untuk datang keperpustakaan yang dikelolanya itu masih sangat minim dan jauh dari sasaran.
    “Selama ini kita menargetkan pengnjung rata-rata di atas 50 orang perhari, namun nyatanya hanya antara sepuluh hingga 15 orang, itu pun hanya para siswa,” tuturnya.
    Ia menjelaskan jumlah koleksi buku di perpustakaan daerah Kabupaten Musirawas itu tercatat 11.671 judul dengan 27.401 eksemplar, dilengkapi berbagai fasilitas antara lain rungan membaca, perpustakaan alam yang dilengkapi dengan internet atau wifi gratis.
    Selain itu pihak perpustakaan juga memiliki dua unit mobil perpustakaan keliling untuk melayani pembaca yang berada di daerah pelosok di wilayah Musirawas, dalam satu mobil dilengkapi sejumlah buku dengan 600 judul lebih.
    “Kita saat ini tengah membuat jadwal operasional mobil  perpustakaan keliling yaitu hari Senin sampai Kamis, sedangkan hari Jumat ditidakan karena waktunya pendek,” jelasnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com