• Penderita DBD Di Bondowoso Capai 403 Orang

    0

        Bondowoso, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mencatat 403 orang terjangkit demam berdarah dengue atau DBD selama Januari hingga April 2016, tiga di antaranya anak-anak meninggal dunia.
    “Tiga orang penderita anak-anak yang meninggal dunia itu lantaran terlambat dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Mungkin karena keluarga korban hanya menyangka panas atau demam biasa sehingga meninggal dunia,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Kabid P2PL) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso Arief Soebagyo di Bondowoso, Sabtu.

        Ia mengemukakan dari 403 penderita penyakit akibat gigitan nyamuk aedes aegipty itu terjadi sejak Januari hingga April 2016. Dengan rincian pada Januari tercatat sebanyak 110 penderita, Februari 128 penderita.
    Seiring datangnya musim penghujan, kata dia, pada Maret penderita DBD kembali meningkat menjadi 139 orang. Namun pada minggu ketiga April tercatat jumlah yang terinfeksi nyamuk tersebut menurun menjadi 26 penderita.
    “Menurunnya penderita DBD setelah tiga bulan terakhir seiring karena musim hujan sudah mulai berkurang. Selain itu petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso juga gencar melakukan pengasapan membasmi nyamuk aedes aegipty,” katanya.
    Langkah untuk mengurangi semakin mewabahnya nyamuk aedes aegipty, lanjut Arief, petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten setempat terus melakukan pengasapan jika mendapatkan laporan dari masyarakat maupun rumah sakit, terkait adanya warga yang terinfeksi DBD.

        “Sesuai prosedur setelah kami mendapatkan laporan ada warga yang terinfeksi, petugas dinas kesehatan baru melakukan pengasapan di sekitar lingkungan rumah penderita DBD itu. Dan sekitar 300 meter di lingkungan tersebut kita fogging,” paparnya.
    Ia menambahkan petugas dinas kesehatan setempat akan melakukan pengasapan jika penderita yang trombositnya di bawah 100 ribu, akan tetapi jika masih di atas itu petugas belum bisa melakukan pengasapan di lingkungan sekitar penderita tersebut.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com