• PEMPROV Lampung Kaji Pembangunan Hotel Berbasis Pendidikan

    0

    Bandarlampung, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Lampung akan mengkaji pembangunan hotel yang berbasis pendidikan sehingga lulusannya dapat langsung bekerja di sektor pariwisata.
    “Saat ini para lulusan sekolah yang memiliki jurusan pariwisata sangat dicari oleh para pengelola perhotelan dan perusahaan jasa perjalanan wisata di Bandarlampung,” kata Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Fahrizal Darminto di Bandarlampung, Selasa.
    Untuk itu, kata dia, ke depan Pemerintah Provinsi akan mengkaji adanya kemungkinan pengadaan suatu hotel yang berbasis pendidikan.
    Hotel tersebut nantinya selain layaknya tempat penginapan yang mengedepankan pelayanan sebagai napas utama dalam sektor jasa, juga akan berfungsi sebagai sebuah wahana pendidikan kepada para siswa yang melakukan praktik kerja lapangan disana.
    “Hal itu tentunya akan disinkronkan lagi dengan program gubernur yang salah satunya adalah pembangunan di sektor pariwisata,” ujarnya.
    Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Lampung mendorong Universitas Lampung (Unila) membentuk program studi kepariwisataan untuk memperkuat pembangunan sektor tersebut.
    “Diharapkan nantinya tidak hanya memperoleh gelar semata, tetapi harus mampu menciptakan kreativitas dan karya bagi pengembangan pariwisata di Provinsi Lampung,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi.
    Materi perkuliahan nantinya adalah keilmuan yang diharapkan dapat segera dipraktikkan secara langsung ketika mahasiswa tersebut telah diwisuda.
    Materi pendidikan nantinya berbasis aplikatif, artinya ilmu yang telah diberikan dapat segera diterapkan langsung di lapangan. Dengan demikian, dapat segera memberikan kontribusi tersendiri bagi kemajuan perkembangan pariwisata di mana para lulusan bekerja.
    Arinal Djunaidi mengatakan bahwa Unila sebagai satu lembaga pendidikan dapat memberikan edukasi melalui kajian-kajian ilmiah atau pemahaman kepada pejabat pemerintah di daerah, utamanya bupati dan wali kota, tentang pentingnya sektor pariwisata bagi salah satu penunjang sektor pembangunan.
    Rektor Universitas Lampung Hasriadi Mat Akin mengatakan bahwa Unila beberapa waktu lalu telah melakukan pembicaraan bersama Kementerian Pariwisata terkait dengan rencana pembentukan program studi pariwisata.
    Unila juga saat ini telah menyiapkan rancangan awal pembentukannya, baik dari segi administrasi maupun hal-hal yang bersifat teknis lainnya.
    Namun, pihak Unila juga mengharapkan adanya peran Pemerintah Provinsi Lampung dalam kaitannya dengan dukungan penguatan dalam administrasi perizinan agar dapat segera diterima oleh pemerintah pusat, dalam hal ini pihak Dikti.
    Selain dari pembentukan program studi kepariwisataan, kata Rektor Unila itu, pihaknya juga telah memasukkan bidang kepariwisataan sebagai salah satu tema kuliah kerja nyata yang menjadi program kegiatan mahasiswa dalam praktik dan pengabdiannya ketika mereka berada di lapangan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com