• Pemkot Mataram Targetkan 2017 Semua Sekolah UNBK

    0

         Mataram, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menargetkan semua sekolah di daerah ini pada pelaksanaan ujian nasional tahun ajaran 2016/2017 menggunakan sistem ujian nasional berstandar komputer (UNKB) karena dinilai lebih mudah dan aman.
    “Kita akan usahakan ujian nasional tahun pelajaran 2016/2017, semua sekolah tingkat SMP dan SMA/sederajat akan kita arahkan menggunakan UNBK,” kata Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh di sela memantau kegiatan ujian nasional (UN) pada hari pertama di Mataram, Senin.
    Wali kota menilai, kegiatan UN dengan sistem UNBK lebih mudah dan aman dari berbagai indikasi adanya isu peredaran kunci jawaban, kebocoran soal serta masalah-masalah lainnya.
    Karena itu, mulai dari sekarang pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) segera melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan UNBK disemua sekolah tahun depan.
    “Kami tentu siap mendukung apa yang menjadi kebutuhan dari pihak sekolah, termasuk anggaran untuk pengadaan komputer dan infrastruktur lainnya,” katanya.
    Menyikapi hal itu Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram H Sudenom saat mendampingi wali kota menambahkan, pihaknya opitimistis UN tahun 2017 semua sekolah bisa menjadi peserta UNBK, termasuk sekolah swasta.

         “Tahun ini menjadi tahun evaluasi pelaksanaan UNBK, dan hasilnya sementara UNBK cukup bagus, karena ternyata siswa lebih senang ujian dengan menggunkan sistem UNBK,” katanya.
    Sistem UNBK ini memberikan kemudahan siswa dalam menjawab soal. Berbeda dengan UN manual, yang selama ini banyak terjadi masalah, seperti kekurangan soal, soal yang tidak jelas, robek, basah atau masalah lainnya yang disebabkan oleh faktor eksternal maupun internal.
    Menurutnya, pelaksanaan UNBK tahun pelajaran 2015/2016, Kota Mataram merupakan kota yang terbanyak di daerah ini sebagai pelaksana  UNBK dengan sepuluh sekolah negeri maupun swasta tingkat SMA/MA/SMK.
    Sekolah pelaksana UNBK itu antara lain, di SMAN 1 Mataram, SMAN 5 Mataram, SMA Bina Bangsa Mataram, SMKN 1 Mataram, SMKN 2 Mataram, SMAN 3 Mataram, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Mataram dan MAN 2 Mataram.
    “Kita berharap tahun 2017, semua sekolah tingkat SMP dan SMA bisa melaksanakan UNBK seperti harapan wali kota,” katanya.
    Sementara, terkait dengan masalah kekurangan komputer, pihaknya akan mencoba menyiasati dengan meminjam komputer atau laptop milik siswa.
    Namun demikian, perlakukan antara laptop pinjaman siswa dengan komputer sekolah tetap sama, yakni dengan melakukan karantina tiga hari sebelum pelaksanaan UNBK.
    “Tujuannya, guna menghindari berbagi hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan UNBK,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com