• PEMKAB Padangpariaman: Prioritaskan Dana Desa Untuk Kesehatan

    0

    Padangpariaman, Sumbar, jurnalsumatra.com – Sekretaris Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Jonpriadi meminta agar alokasi dana desa 2016 diprioritaskan untuk pembangunan dan rehabilitasi Polindes dan Pos Kesehatan Nagari (Poskestri) di daerah itu.
    “Pengalokasian dana desa tersebut kita lakukan berdasarkan Peraturan Menteri Perdesaan Nomor 15 tahun 2015,” kata dia di Padangpariaman, Selasa.
    Selain dialokasikan pada bidang pembangunan dan rehabilitasi, dana desa 2016 juga bisa diperuntukkan bagi pembayaran honor kader di Posyandu setempat.
    Dengan adanya Permendes tersebut maka otomatis pembayaran sarana pelayanan Polindes, Poskestri dan honor kader posyandu tidak lagi dibebankan pada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) maupun pada Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.
    Untuk mengawasi jalannya dana desa di daerah tersebut, saat ini telah ada dibentuk dan telah diturunkan Tim Review oleh Inspektorat setempat agar tidak terjadi penyelewengan dana.
    “Tujuanya ialah agar alokasi dana desa tersebut berjalan sesuai ketentuan dan perutukannya tepat sasaran oleh masing-masing nagari,” ujarnya.
    Selain itu ia menilai dengan adanya tim review tersebut dapat berguna bagi perangkat nagari untuk berkonsultasi sebelum membelanjakan atau mengalokasikan dana tersebut.
    “Sesuai perintah Bapak Bupati, kami lakukan pembinaan pengelolaan dana desa secara intensif. Hal tersebut ditujukan agar para Wali Nagari tidak tersandung masalah hukum karena menyalahgunakan dana desa tersebut,” tambahnya.
    Penyaluran dana desa tahap satu sendiri akan dimulai pada bulan April 2016. Untuk itu realisasi anggaran dana bersumber dari APBN dan APBD tersebut harus ada pertanggungjawabannya serta harus disertai dengan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.
    Ia berharap dengan adanya penjelasan tentang pengalokasian dana desa tersebut serta dibantu oleh tim review dapat mempermudah kinerja para perangkat nagari dalam menjalankan tugas.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com