• Pemkab Dharmasraya Akan Imunisasi Balita Cegah Campak

    0

         Pulau Punjung, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat, akan melakukan imuniasi campak bagi anak bawah lima tahun (balita) secara serentak di seluruh posyandu daerah itu pada Agustus 2016.
    “Ini merupakan upaya pencegahan yang kami lakukan, karena kasus campak menunjukkan peningkatan dalam berapa bulan terkahir,” kata Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, Erina melalui Kepala Bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit, Henni Ryta di Pulau Punjung, Jumat.
    Imuniasi campak serentak dilaksanakan di sembilan kabupaten dan kota di Sumbar, dan Dharmasraya termasuk daerah yang mendapat program imunisasi campak dari pusat.

         Penyakit campak sampai saat ini masih ditemukan pada balita di Dharmasraya, bahkan dari Januari hingga April 2016 tercatat ada lima kasus, sementara pada 2015 ada 12 kasus.
    “Berdasarkan data itulah pemerintah pusat memberikan program imunisasi campak di daerah ini, juga dilakukan di daerah lainnya yang menunjukan peningkatan,” katanya.
    Ia mengungkapkan anak yang tidak diimunisasi akan menjadi sumber penularan dan rentan tertular jika terjadi wabah penyakit campak.
    Penyakit campak disebabkan virus yang menular lewat air liur penderita dan rentan menyerang anak yang daya tahan tubuhnya rendah.

         “Gejala campak yakni demam tinggi selama 3 hingga 5 hari disertai bintik kemerahan di belakang telinga, mata merah, batuk dan pilek,” ujarnya.
    Campak menjadi berbahaya jika menyebabkan komplikasi dan menyerang organ tubuh pada bagian otak, paru-paru dan saluran pencernaan.
    Apabila sudah penyakit campak disertai kekurangan gizi menjadi sangat berbahaya karena akan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh bila terjadi pada bayi.
    “Untuk itu kami mengimbau seluruh masyarakat daerah itu agar membawa anaknya ke Posyandu terdekat saat pelakasaan imunisai campak,” tambahnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com