• Palembang Upaya Tambah Cabor Asian Games

    0
    Palembang Upaya Tambah Cabor Asian Games

    Palembang Upaya Tambah Cabor Asian Games

    PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sumsel masih akan memperjuangkan penambahan dua cabor yakni tenis dan gimnastik, setelah 11 cabang olahraga (cabor) dipastikan diselenggarakan di Jakabaring Sport City (JSC), Kota Palembang, Sumatera Selatan.

    Saat ini, cabor-cabor yang sebelumnya ditetapkan akan diselenggarakan di Palembang antara lain babak penyisihan sepak bola, kano/kayak, penyisihan bola voli, dayung, menembak, triatlon, penyisihan bola basket, sepak takraw, panjat tebing, penyisihan tenis dan soft tenis.

    Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Akhmad Najib mengatakan, pihaknya akan menghadiri acara paparan progres peport persiapan pembangunan infrastruktur Asian Games XVIII-2018 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Selasa (12/4) hari ini.

    “Saya mewakili Gubernur Sumsel H Alex Noerdin untuk memaparkan progres pembangunan di Sumsel serta menjelaskan kesiapan kita sebelum Rapat Coordination Comitee ke-4 yang dihadiri oleh Vice President OCA, 11 Mei mendatang di Bali,” ujarnya, Senin (11/4).

    Dirinya akan memaparkan progres pembangunan lintasan danau, rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang akan dijadikan wisma atlet, serta convention hall yang dalam waktu dekat akan dibangun menggunakan dana Rp149 miliar dari PT Bukit Asam.

    “Dengan akan dibangunnya convention hall PT BA, final tenis pun bisa diselenggarakan di sini. Untuk gimnastik pun kita sudah ada venuenya. Kita persiapan saja apabila time schedule pembangunan venue gimnastik di Jakarta tidak memungkinkan, bila dipindahkan ke Palembang kami siap,” tegasnya.

    Najib pun menegaskan bahwa penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang akan mengangkat Indonesia, bukan Palembang atau Jakarta saja. Sudah semestinya para kota tuan rumah bisa saling mengisi dan melengkapi apabila salah satu tuan rumah tidak bisa menjadi penyelenggara salah satu cabor.

    Seperti venue aquatic di Jakarta yang baru akan ditender pada Juni mendatang, apakah time schedulenya bisa pas atau tidak. “Kalau tidak, ada venue aquatic JSC yang sangat siap menyelenggarakan Asian Games. Venuenya sendiri sudah berkelas Olimpiade,” jelasnya.

    Dalam rapat Corcom ke-4 di Bali 11 Mei mendatang pun, pihaknya berharap bahwa ada kepastian penyelenggaraan cabor di kota mana. Karena 11 cabor yang dipastikan sudah bisa diselenggarakan di Palembang pun bisa berubah dan bertambah.

    Cabang-cabang olahraga Asian Games 2018 terdiri atas 28 cabang olimpiade, delapan cabang non-olimpiade, dan satu cabang usulan dari negara penyelenggara. Total 37 cabor yang diselenggarakan.

    Sebelumya, ada tiga cabang olahraga yang berpindah lokasi penyelenggaraan dari Palembang ke Jakarta yakni angkat besi, tenis meja, dan senam. Untuk pembangunan infrastruktur, selain pembangunan venue, pihaknya pun akan memaparkan progres pembangunan pendukung lainnya seperti kereta cepat ringan atau light rail transit (LRT).

    “Kemarin juga ada pembicaraan, kenapa bela diri martial arts tidak diselenggarakan di JSC juga? Kami akan mengajukan itu juga di rapat besok (hari ini-red),” ungkapnya.(yuyun)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com