• Pagaralam Segera Bentuk Kodim

    0

    Pagaralam, jurnalsumatra.com – Untuk mendukung tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI), dalam membantu kegiatan masyarakan termasuk dalam pengendalian sejumlah daerah yang memiliki tingkat kerawanan bencana alam cukup tinggi seperti Pagaralam, Tanjung sakti dan sejumlah daerah yang berada di sekitar tempat tersebut. Demikian diungkapkan Dandim 0405 Lahat Letkol Srihartono melalui Perwira Penghubung (Pabung), Mayor Heribertus M  S.Ag S.Psi,Kamis, (14/4/2016).

    Menurut dia, kalau tahap awal ini baru dalam bentuk persiapan sarana dan prasarana, seperti lahan dan perkantoran. “Kalau untuk tahap awal baru akan dilakukan pembangunan kantor dan sarana pendukung lain , sepeÅ•ti pos jaga,  aula, gudang, dan termasuk musallah,” kata dia.

    Dia mengatakan, cukup banyak hal yang bisa memperlancar proses pembentukan Kodim di Kota Pagaralam termasuk dukungan penuh dari pemerintah daerah khususnya Walikota Pagaralam. “Kemudian didukung juga proaktif walikota melakukan pendekatan baik dengan Pangdam II Sriaijaya termasuk Panglima TNI, keinginan kuat untuk pembentukan Dandim derah rawan bencana alam ini,” ujar dia.

    Kalau untuk lokasi pembangunan kantor, Heribertus merincikan,  kalau lahan pembangunan kantor sudah ada yaitu di bekas Kopi Dusun Karang Dalo, Kelurahan Karang Dalo, Kecamatan Dempo Tengah.

    “Jika melihat luas lahan cukup untuk lokasi kantor, kemudian tempat itu juga merupakan aset TNI jadi tidak perlu lagi mèmbeli atau pembebasan lahan, hal ini juga menjadi faktor pendorong percepat bembentukan Kodim Pagaralam,” ujar dia.

    Namun, kata dia, sebelum menjadi Kodim penuh tentunya harus disiapkan tempat atau kantor dulu, agar bisa memperlancar aktifitas Kodim nantinya termasuk akan ada penambahan anggota.

    “Intinya kita ingin ketika Kodim ini resmi dibentuk semunya sudah terpenuhi termasuk kantor,  namun untuk sementara yang mengendalikan masih berada dibawah Pabung dulu,” ujar dia lagi.

    Sementara itu Wako Pagaralam Hj Ida Fitriati mengatakan,     memang sangat berharap terbentuknya Kodim terutama dapat mendukung program pemerintah khususnya dalam pengendalian bencana alam.

    “Kami sangat mendukung jika TNI bermaksud ingin merealiasikan pembentukan Kodim, selain akan mempermudah koordinasi terkait daerah rawan bencana,” kata dia.

    Ida mengatakan,  kemudian lahan juga ada tinggal membangun sarana fisik saja berupa perkantoran. (Asa)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com