• OJK Purwokerto Berupaya Tingkatkan Agen Laku Pandai

    0

    Purwokerto, jurnalsumatra.com- Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Purwokerto, Jawa Tengah, terus berupaya meningkatkan jumlah agen Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.
    “Laku Pandai terus kami tingkatkan karena dari pengalaman di semua tempat, Laku Pandai memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya masyarakat kecil,” kata Kepala Kantor OJK Purwokerto Farid Faletehan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.
    Selain itu, kata dia, Laku Pandai juga bisa mengurangi biaya transportasi yang harus dikeluarkan masyarakat karena agen layanan keuangan tanpa kantor tersebut dapat berupa warung atau toko di sekitar mereka.
    Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat yang hendak transfer atau mengambil uang tidak perlu datang ke bank yang berada di kota sehingga akan menghemat waktu dan biaya.
    “Oleh karena itu, Laku Pandai terus kami dorong perluasannya. Kami setiap tiga bulan sekali selalu minta laporan perkembangan Laku Pandai dari setiap bank peserta,” katanya.
    Ia mengakui bahwa agen Laku Pandai lebih banyak berkembang di Kabupaten Banyumas khususnya kota Purwokerto karena hingga Desember 2015 tercatat sekitar 500 agen yang dibuka.
    “Data hingga Maret 2016 belum kami terima. BRI yang paling gencar membuka agen Laku Pandai,” katanya.
    Lebih lanjut, Farid mengatakan bahwa berdasarkan data secara nasional, hingga Desember 2015 tercatat sebanyak tujuh bank peserta Laku Pandai, yakni BRI, Bank Mandiri, BTPN, BCA, BTN, BNI, dan BPD Kaltim serta pada 2016 bertambah dua, yakni Bank Sinarmas dan BRI Syariah.
    Ia mengaku mendapat informasi jika Bank Jateng juga akan menjadi bank peserta Laku Pandai.
    Sementara untuk jumlah agen Laku Pandai secara nasional hingga Desember 2015 mencapai 60.805 agen yang terdiri atas perorangan dan gerai berbadan hukum dengan jumlah yang berhasil dihimpun mencapai Rp67,6 miliar dengan 1.216.952 nasabah.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com