• Musim Hujan Nunukan Bergeser Akibat Perubahan Cuaca

    0

    Nunukan, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat musim hujan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami pergeseran akibat terjadinya perubahan cuaca disebabkan arah angin berembus dari barat beralih ke timur.
    “Akibat embusan angin beralih dari barat ke timur menyebabkan musim hujan di Kabupaten Nunukan bergeser lagi,” ujar Kepala BMKG Kabupaten Nunukan, Taruna Mona Rahman melalui prakirawan, Muhammad Taufik di Nunukan, Jumat.
    Pergeseran arah angin berlangsung secara tiba-tiba sehingga intensitas musim hujan telah berlangsung cukup tinggi pada awal April berubah dengan perkiraan baru berlangsung pada pekan terakhir bulan ini juga, ujar dia.
    Muhammad Taufik mengakui, perubahan cuaca ini tidak disebabkan oleh fenomena alam walaupun terjadi siklon di bagian selatan Papua tetapi tidak memengaruhi kondisi cuaca yang berdampak pada musim kemarau yang berkepanjangan hingga saat ini.
    “Kalau angin berhembus dari timur ke barat baru berlangsung hujan tetapi kalau dari barat ke timur hanya menimbulkan kekeringan seperti sekarang ini,” kata dia seraya memperkirakan musim hujan dengan intensitas hujan dengan kategori ringan di Kabupaten Nunukan mulai berlangsung tiga hari ke depan.
    Ia menambahkan, pengamatan yang dilakukan BMKG setempat setiap saat kondisi cuaca di Kabupaten Nunukan tahun ini lebih banyak dipengaruhi oleh perkembangan cuaca lokal, dalam satu pulau kadangkalan berlangsung hanya pada titik tertentu atau tidak merata.
    Muhammad Taufik menyatakan, suhu udara masih cukup panas akibat kelembaban yang masih tinggi, belum mampu menetralkan suhu permukaan laut yang berdampak pada hilangnya awan yang mengandung air (mendung).
    “Awan yang mengandung air selalu terpecah karena suhu panas bumi belum mampu menjenuhkan suhu permukaan air laut,” ucap dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com