• Muba Lumbung Minyak Sawit Berkelanjutan

    0

    SEKAYU, jurnalsumatra.com – Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi mengapresiasi serta mendukung penuh upaya The Sustainable Trade Initiative (IDH) untuk melanjutkan deklarasi lumbung minyak sawit berkelanjutan di Muba.

    Ketika menyambut kunjungan kerja IDH di Rumah Dinas Wakil Bupati Muba, Senin (11/4/2016). Beni Hernedi di dampingi beberapa kepala SKPD diantaranya, Kepala Dinas Perkebunan Drs Iskandar Syahrianto MH, Kepala Dinas Kehutanan H Sumatro S Sos MM dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Muba Ir Akmal Eddy.

    Dalam pertemuan tersebut Beni mengatakan akan membentuk suatu komite dalam upaya mendorong Muba sebagai model percontohan lumbung minyak sawit berkelanjutan yang dilakukan oleh IDH.

    “Kita sangat mendukung itu (Deklarasi lumbung minyak sawit berkelanjutan), nanti akan kita bicarakan lebih lanjut dan akan disusun oleh staf ahli,” ujar Beni.

    Perwakilan IDH Desi Kusumadewa mengungkapkan maksud dan tujuannya datang ke Kabupaten Muba adalah selain untuk melanjutkan deklarasi lumbung minyak sawit berkelanjutan yang sudah dicanangkan di Kota Palembang, juga untuk mendorong kesiapan Desa Mandiri Peduli Api sekaligus untuk memberdayakan petani sawit dan potensi replanting (peremajaan) di Muba.

    “Kami sangat senang sekali mendapat respon yang positif dari Pemerintah Kabupaten Muba, ini adalah program jangka panjang tapi dimulai dari sekarang, keinginan kami untuk menjadikan Provinsi Sumatera Selatan sebagai lumbung minyak sawit berkelanjutan tapi kami mulai dari Muba.

    Desi juga menuturkan, IDH hanya memfasilitasi, aktor utama dari kegiatan tersebut adalah para stake holder di Muba yakni, pemerintah, perusahaan, petani, masyarakat lokal dan juga pemerintah provinsi.

    Lanjut Desi, harapannya atas pendekatan tersebut dapat meningkatkan pendapatan petani sawit, produktifitas lahan bisa meningkat dan juga ikut memberdayakan petani untuk kesejahteraan masyarakat di Muba.

    Seusai pertemuan tersebut rombongan IDH akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke perusahaan-perusahaan kelapa sawit di Muba yang akan di mulai dari wilayah Sungai Lilin.(relis humas Pemkab Muba Sumsel)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com