• Muaraenim dan Pali Diminta Bergabung Sumsel Barat

    0

    Lahat, jurnalsumatra.com – Provinsi Sumsel Barat atau Sumselbar adalah nama yang dipilih untuk calon provinsi baru pemekaran Provinsi Sumatera Selatan, nama provinsi dan pengurus Presidium Pembentukan Provinsi Sumsel Barat dideklarasikan pada rapat presidium di metting room Hotel Bukit Serelo Lahat, belum lama ini.

    Menurut Ketua Presidium Pembentukan Provinsi Sumselbar, Wahisun Wais Wahid yang juga tokoh dari Musirawas, semula ada 3 nama yang akan dipilih, namun setelah berdiskusi dengan sejumlah tokoh masyarakat baik di Musirawas, Lahat, Empat Lawang, Lubuklinggau maupun tokoh Sumsel lainnya, akhirnya disepakati Sumsel Barat dengan tidak menghilangkan nama Sumsel sebagai sejarah bagian dari provinsi ini.

    Disebut Sumsel Barat dikarenakan daerah yang ingin memekarkan diri itu merupakan wilayah Sumsel yang berada di bagian barat.

    Wahisun juga mengatakan, masyarakat Musirawas tidak ragu lagi untuk  mendukung pembentukan  provinsi baru ini. “Harus kerja dan jangan kita hanya berwacana saja,” katanya.

    Ia mengharapkan, agar Kabupaten Muaraenim dan PALI menjadi prioritas untuk bergabung dengan presidium. Keinginan pemekaran provinsi ini sudah dikomunikasikan pihaknya dengan DPR dan Kemendagri. “Sekaranglah menjadi momentum pemekaran daerah yang harus kita manfaatkan,” tegasnya.

    Sementara itu, Perwakilan Lubuklinggau, Hendi Budiono yang mendapat kesempatan pertama untuk berbicara pada rapat itu mengemukakan, bagi para aktivis  pergerakan di Kota Lubuk Linggau tidak asing lagi dengan wacana provinsi baru ini.

    “Wacana pembentukan provinsi baru ini di Lubuk Linggau bukanlah hal yang asing lagi, dimana, setiap orang telah membicarakannya dan memang menjadi masukan yang begitu baik sekali,” urainya.

    Menurutnya, Lubuk Linggau siap memperjuangkan provinsi baru dan pihaknya sudah koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Lubuk Linggau soal provinsi baru ini.

    “Empat Lawang sangat mendukung dan sama -sama berjuang untuk terbentuknya provinsi ini,” kata Deli, perwakilan Empat Lawang.

    Terpisah, Perwakilan Kabupaten Lahat, Firdaus Alamsyah mengemukakan, pembentukan provinsi ini sudah digagas sejak  2007, namun  sempat mandeg selama 7 tahun dan pada 2015 keinginan ini muncul kembali, apalagi pemerintah pusat membuka kembali kesempatan untuk  pemekaran daerah.

    “Melalui pembahasan inilah kita sama-sama memperjuangkan daerah pemekaran baru (DOB), terlebih lagi Pemerintah Pusat (PP) membuka kembali kesempatan tersebut,” jelasnya.

    Begitupula dengan perwakilan Musi Rawas Utara (Muratara), Suprano menuturkan, kendati Muratara termasuk kabupaten baru akan tetapi pihaknya  sudah mengkomunikasikan dengan bupati, dan secara prinsip Muratara ikut dalam pemekaran inI, dengan pemekaran provinsi ini, maka akan semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

    “Apalagi Muratara yang berada di ujung berbatasan dengan Provinsi Jambi tentu cukup jauh jika ingin berurusan dengan ibukota provinsi di Palembang. Bahkan  tidak selesai dalam sehari maka harus menginap tentu memakai biaya, kalau ibukota provinsi lebih dekat maka akan lebih memudahkan semua urusan,” tukasnya.

    Hasil kesepakatan presidium itu, dideklarasikan para perwakilan kabupaten dan kota yang hadir berupa kesepakatan nama Provinsi Sumsel Barat meliputi enam wilayah awal kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan bagian barat, meliputi Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Musirawas, Lubuk Linggau, dan Muratara.  Sedangkan dua daerah lainnya yakni Muaraenim dan PALI akan diminta ikut bergabung.

    Sementara itu M Yansuri Wakil Ketua DPRD Sumsel saat dimintai komentarnya berkenaan dengan wacana Sumsel Barat mengatakan, masih terlalu dini dan tidak menarik untuk dijadikan isu politik pemekaran provinsi saat ini, justru wacana yang pesat berkembang pemekaran kota Palembang menjadi Palembang  dan Palembang Ulu.(Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com