• Lomba Desa, Tanjung Pinang Terpilih Wakili Lahat Tingkat Provinsi

    0

    Lahat, jurnalsumatra.com  – Desa Tanjung Pinang, Kecamatan Merapi Barat keluar sebagai juara pertama dalam evaluasi perkembangan desa dan kelurahan atau dikenal dengan sebutan lomba desa dan berhak mewakili Kabupaten Lahat ke tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), yang diselenggarakan dalam waktu dekat tahun anggaran 2016. Hal ini sesuai keputusan Bupati Lahat No 414.4/58/KEP/BPM Pemdes/II/2016, tertanggal 11 April 2016 tentang penetapan juara evaluasi perkembangan dan kelurahan.

    Demikian disampaikan, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPM Pemdes), HA Rizal Baki SH MM didampingi Kepala Bidang (Kabid) PDK, Amrillah Dahlan SE dan Kasi PDK, Otmansyah SE, menurutnya, penilaian ini sudah objektif dikarenakan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 81/2015 perihal evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

    “Instrumen penilaiannya sendiri mencakupi, sektor pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakat, ketiga poin inilah yang menjadi acuan tim dalam memberikan angka desa mana saja yang memang memenuhi persyaratannya,” ujarnya.

    Ia menambahkan, untuk posisi kedua berhasil diraih oleh Desa Bandung Agung, Kecamatan Muara Payang, kemudian peringkat ketiga oleh Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu. “Sedangkan, juara harapan pertama, Desa Kota Raya, Kecamatan Kota Lahat, harapan kedua diperoleh Desa Nanjungan, Kecamatan Merapi Timur dan harapan ketiga oleh Desa Pelajaran, Kecamatan Jarai,” tambah Rizal Baki.

    Menurutnya, kepada desa yang berhasil keluar sebagai juara pertama, agar sekiranya dapat mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan yang memang berkaitan langsung dengan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

    “Kepada tim penilai tingkat kabupaten, dapat memberikan masukan maupun saran, sehingga ketika tim dari provinsi datang, para pengelola desa dapat menjawab semua pertanyaan sekaligus mempresentasikannya dihadapan mereka,” imbuhnya lugas. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com