• Lima pansus DPRD sampaikan hasil pembahasan LKPJ

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Sebanyak lima panitia khusus DPRD Sumatera Selatan menyampaikan hasil pembahasan dan penelitian terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Gubernur Sumatera Selatan tahun anggaran 2015.

    Hasil pembahasan dan penelitian itu disampaikan masing-masing juru bicara pansus pada rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sumsel Chairul S Matdiah di Palembang, Jumat.

    Setelah pembahasan dan penelitian secara seksama terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Gubernur Sumatera Selatan tahun anggaran 2015 maka Pansus I dapat menerima dan memahami, kata juru bicara Pansus I, HA Syarnubi.

    Ia mengatakan, panitia khusus I DPRD Sumatera Selatan berharap agar dilakukan penyelesaian terhadap sengketa lahan masyarakat dengan pemerintah provinsi setempat dan memfasilitasi sengketa lahan masyarakat dengan BUMN dan perusahaan swasta.

    Sementara Juru Bicara Pansus II DPRD Sumsel Surip Januarto mengatakan, pansus itu dapat memahami laporan pertanggungjawaban Gubernur Sumatera Selatan tahun anggaran 2015 setelah melakukan pembahasan dan penelitian.

    Selanjutnya, juru bicara Pansus III, MF Ridho mengatakan, setelah Pansus III melakukan penelitian dan pembahasan bersama mitra kerja terkait maka ada beberapa catatan penting antara lain pendapatan asli daerah tahun 2015 terealisasi sebesar Rp2,4 triliun atau 84,73 persen dari target yang ditetapkan.

    Kemudian kontribusi badan usaha milik daerah, baik yang berbentuk perseroan terbatas maupun perusahaan daerah terhadap setoran PAD dalam tahun 2015 terealisasi sebesar Rp60,8 miliar atau sekitar 30,78 persen dari target.

    Selanjutnya pendapatan transfer dari dana bagi hasil pajak dan bukan pajak dalam tahun 2015 terealisasi sebesar Rp1,3 triliun atau 72,28 persen dari target, ujarnya.

    Dana alokasi umum tahun 2015 terealisasi sebesar Rp931,9 miliar atau 100 persen dari target dan dana alokasi khusus tahun 2015 terealisasi sebesar Rp69,4 miliar atau 100 persen dari target.

    Lain-lain pendapatan daerah yang sah pada tahun 2015 terealisasi sebesar Rp1,126 triliun atau sekitar 96,03 persen dari target, tuturnya.

    Ia menyatakan, dengan mempertimbangkan kinerja dan data tentang realisasi keuangan tahun 2015 itu maka pansus III berkesimpulan bahwa LKPJ gubernur Sumsel tahun 2015 dapat dipahami.

    Hal yang sama juga disampaikan juru bicara pansus IV DPRD Sumsel, Meriadi kalau pansus itu dapat memahami dan menerima laporan keterangan pertanggungjawaban gubernur Sumsel tahun anggaran 2015 dengan catatan dan rekomendasi.

    Setelah melakukan pembahasan dan penelitian terhadap LKPJ pelaksanaan APBD maka Pansus V DPRD Sumsel dapat menerima dan memahami laporan LKPJ gubernur tahun 2015, kata juru bicara Pansus V DPRD Sumsel Holda.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com