• Lima Koperasi Berdiri Di Palangka Raya

    0

    Palangka Raya, jurnalsumatra.com- Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menyatakan selama periode Januari-April 2016, lima koperasi baru telah berdiri.
    “Total koperasi baru, dari awal 2016 sampai pertengahan April ada lima koperasi,” kata Kepala Bidang Koperasi, Diskoperindag Kota Emnestiningsih di Palangka Raya, Sabtu.
    Dia mengatajan, dua dari lima koperasi tersebut telah memperoleh akta pembentukan dan memiliki badan hukum. Sementara tiga lainnya tinggal menunggu diterbitkannya akta dari kementerian koperasi.
    “Syarat tiga koperasi tersebut sudah lengkap, prosesnya pun juga sudah dilalui. Sekarang tinggal menunggu terbit akta pembentukannya dari kementerian. Hal itu karena mulai April ini, pengesahan akta koperasi ditangani pemerintah pusat,” tambahnya.
    Dia mengatakan, pertumbuhan koperasi di wilayah berjuluk “Kota Catik” Palangka Raya ini bisa dikatakan cukup tinggi, meski ada juga yang harus dibubarkan karena tidak ada kegiatannya.
    “Melihat dari pengambilan formulir pendaftaran koperasi di dinas cukup tinggi. Namun yang menjadi kendala pembentukan koperasi yang ada terkait proses pendaftaran,” katanya.
    Dia menjelaskan, pendaftaran yang dilakukan untuk pembentukan koperasi saat ini dilakukan langsung secara “online” atau daring.
    “Seharusnya berkas pendaftaran disampaikan pada kita dulu untuk dilakukan pengecekan. Jika dinyatakan sudah lengkap berkas digandakan dan baru yang bersangkutan mendaftar secara online,” katanya.
    Berkas yang satunya juga akan dikirim ke kementerian sebagai bukti bahwa pembentukan koperasi itu diketahui dinas selaku pembina koperasi di daerah.
    Hingga kini setidaknya ada 273 koperasi di kota Palangka Raya, dan 241 unit masih aktif sementara 32 koperasi lainnya terancam dibubarkan karena dianggap tak aktif bahkan ada yang fiktif.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com