• Lembaga Adat Diminta Kembangkan Budaya Daerah

    0

         Seirampah, Sumut, jurnalsumatra.com – Seluruh lembaga adat di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, diharapkan agar mengembangkan budaya lokal sehingga kelestariannya dapat terus terjaga.
    “Seperti diibaratkan mengangkat batang terendam agar tidak menghilang serta tergerus pada generasi mendatang,” kata Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, di Seirampah, Kamis.
    Ia mengatakan, peran aktif lembaga adat untuk membangkitkan kembali gairah seni dan budaya maupun kearifan lokal dari berbagai suku etnis di daerah itu sangat dibutuhkan, sehingga nantinya dapat dipelajari oleh generasi penerus dan menggugah semua pihak mencintai budaya daerah.
    Menurut dia, dewasa ini banyak pagelaran seni yang menampilkan kearifan budaya lokal dan dikemas dengan ciri khas menarik serta apik, namun sangat disayangkan kenyataannya kurang diminati sebagian orang.

         Karenanya, peran serta lembaga adat sangat penting untuk mengangkat pembangunan budaya didaerah itu, yang tidak bisa hanya dilihat dari pembangunan fisik semata.
    “Namun perlu juga ada sentuhan dan inovasi maupun kreasi dalam mengemas kesenian tersebut, sehingga membangkitkan minat masyarakat untuk mencintai budaya sendiri,” katanya.
    Menurut dia, budaya merupakan aset yang tak ternilai harganya, sebagai warisan turunan nenek moyang ribuan tahun lalu dan sudah menjadi tugas bersama untuk melestarikannya dan mewariskannya pada generasi selanjutnya.
    Apalagi setiap budaya yang dimiliki dari masing-masing suku di “Tanah Bertuah Negeri Beradat” itu memiliki ciri khas masing-masing yang penuh dengan filosopi nilai-nilai humanis.
    “Walau nilai norma kaidah berbeda-beda, namun memiliki tujuan yang sama untuk perdamaian, persatuan dan kesatuan dalam Bhineka Tunggal Ika,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com