• Legislator: keuntungan LRT tidak harus berupa uang

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumatera Selatan Agus Sutikno mengatakan keuntungan pembangunan infrastruktur transportasi massal kereta ringan atau “light rail transit/LRT” di Kota Palembang tidak harus berupa uang, tetapi bisa juga dari sisi asas manfaatnya.

    “Keuntungan itu bisa menyusul. Keuntungan itu tidak harus uang, tetapi manfaat,” kata Agus Sutikno ketika ditanya mengenai keuntungan dari “light rail transit” (LRT) nanti di Palembang, Rabu.

    Menurut dia, sebagai tahap awal jika LRT selesai di bangun, jangan berbicara keuntungan dulu, namun harus dibicarakan manfaat kereta ringan itu sendiri bagi masyarakat Sumatera Selatan terutama Kota Palembang.

    “Kalau manfaatnya sudah bagus, kalau sudah berjalan dengan baik baru nantinya diundang pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk berbicara mengenai pembagian (sharing),” katanya.

    Ia menjelaskan sejak awal membicarakan pembagian keuntungan dirinya juga tidak sependapat, karena jalan yang dilalui LRT adalah jalan negara kemudian uang membangunnya juga uang negara.

    Karena itu, lanjutnya biarkan dulu proses pembangunan LRT di Kota Palembang itu berjalan.

    Ia menuturkan di Jepang LRT bisa terkoneksi dengan moda transportasi yang lain sehingga masyarakat mudah menjangkaunya.

    Wakil rakyat itu juga sepakat, kalau PT KAI yang akan mengelola dan mengoperasionalkan nantinya.

    Sebelumnya Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, kereta ringan itu nantinya akan dikelola dan dioperasikan oleh PT KAI.

    Pembangunan jalur LRT di Kota Palembang sepanjang 22,5 kilometer selama dua tahun anggaran dan diharapkan sudah selesai pada April 2018, katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com